Ilustrasi bawang putih.
Ilustrasi bawang putih. ( SHUTTERSTOCK)

Mendag Akan "Blacklist" Importir Bawang Putih yang Tak Realisasikan Impor

7 Juni 2024 16:45 WIB

SonoraBangka.ID - Menteri Perdagangan (MendagZulkifli Hasan menyatakan akan mempinalti para importir yang tak merealisasikan impor padahal Perizinan Impornya (PI) sudah dikeluarkan.

Hal ini menyusul masih banyaknya importir bawang putih yang tak merealisasikan impor sehingga menyebabkan harga bawang putih di pasar mahal.

Zulhas bilang bentuk pinalti yang akan diberikan adalah memblokir perusahaan importir dari penugasan impor bawang putih untuk periode selanjutnya.

“Kalau enggak jalan impornya kita blacklist, kita blokir,” ujarnya di Jakarta, Jumat (7/6/2024).

Hanya saja Mendag Zulhas belum bisa menyebutkan kapan kebijakan pinalti itu akan diimplementasikan.

Adapun berdasarkan catatan Kemendag dari target impor bawang putih yang ditetapkan oleh pemerintah sebanyak 665.025 ton, jumlah realisasinya hanya mencapai 148.712 ton.

Padahal jumlah Perizinan Imor (PI) yang telah dikeluarkan oleh kementerian Perdagangan sudah setengah dari target impor atau sebesar 349.290 ton.

Sebelumnya, Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) M Fanshurullah Asa menilai kebijakan pinalti bagus diimplementasikan agar stok bawang putih di Tanah Air tidak menipis. Hal ini pun dikhawatirkan bisa membuat harga bawang putih meroket tinggi.

“Saya kira bagus kan sudah dikasih SPI-nya, kalau sampai belum mengimpor kan bisa berpengaruh pada stok di kita sehingga buat harga tinggi kan itu logikanya. Yah artinya kalau sudah dikasih SPI yah harus segera direalisasikan,” ujarnya usai melakukan FGD Bawang Putih di Jakarta, Selasa (21/5/2024).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mendag Akan "Blacklist" Importir Bawang Putih yang Tak Realisasikan Impor", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2024/06/07/160542626/mendag-akan-blacklist-importir-bawang-putih-yang-tak-realisasikan-impor.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm