Ilustrasi hewan kurban, sapi kurban.(SHUTTERSTOCK/UNTUNGSUBAGYO)
Ilustrasi hewan kurban, sapi kurban.(SHUTTERSTOCK/UNTUNGSUBAGYO) ( KOMPAS.COM)

Jangan Salah Beli, Ini Untuk Ciri-ciri Hewan Kurban yang Sehat

9 Juni 2024 17:11 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Saat Idul Adha, Muslim yang mampu akan membeli hewan ternak untuk dijadikan kurban.

Biasanya, umat Islam akan membeli hewan ternak seperti kambing, domba, sapi, atau kerbau untuk kemudian disembelih.

Aspek yang penting untuk berkurban adalah memilih hewan ternak yang sehat dan tidak cacat.

Hal tersebut bertujuan supaya daging kurban yang nantinya dikonsumsi tidak menimbulkan atau menularkan penyakit ke manusia.

Lantas, apa saja ciri-ciri hewan kurban yang sehat?

Ciri-ciri hewan kurban sehat

Dikutip dari KompasTV (15/7/2021), berikut setidaknya delapan ciri-ciri hewan ternak yang sehat untuk dikurbankan:

  1. Bulu bersih dan mengilat
  2. Gemuk dan lincah
  3. Muka cerah
  4. Nafsu makan baik
  5. Lubang kumlah (mulut, mata, hidung, telinga, dan anus) bersih dan normal
  6. Suhu badan normal 37 derajat celsius dan tidak demam
  7. Tidak cacat, pincang, buta, serta telinga tidak rusak (tetapi kesepakatan ulama bahwa bekas ear tag atau penanda lainnya bisa digunakan untuk kurban atau bukan suatu kecacatan)
  8. Tidak kurus.

Sedangkan hewan yang tanduknya pecah atau patah, serta tidak memiliki tanduk tidak sah digunakan untuk berkurban.

Pastikan disertai SKKH

Dokter hewan di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, Rizka Badur Razak mengimbau agar masyarakat memastikan hewan yang akan dibeli disertai dengan surat keterangan kesehatan hewan (SKKH).

”Pastikan hewan sehat dengan dibuktikan adanya surat keterangan kesehatan hewan (SKKH). Ini menunjukkan hewan tersebut sudah diperiksa dokter hewan atau paramedik veteriner di bawah pengawasan dokter hewan berwenang,” ucap Rizka dilansir dari Kompas.id, Rabu (5/6/2024).

Rizka menuturkan, hewan tersebut juga harus tidak dikebiri dan memiliki dua buah zakar lengkap dengan bentuk dan letak yang simetris bagi jenis kelamin jantan.

Selain itu, wanita yang juga menjabat sebagai Medik Veteriner Ahli Muda di Dinas Pertanian Kabupaten Purbalingga ini menambahkan, hewan kurban juga harus cukup umur.

“Untuk kambing atau domba, harus di atas usia satu tahun atau ditandai dengan tumbuhnya sepasang gigi tetap. Untuk sapi atau kerbau, di atas dua tahun atau ditandai dengan tumbuhnya sepasang gigi tetap,” ujar dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Salah Beli, Ini Ciri-ciri Hewan Kurban yang Sehat", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/tren/read/2024/06/08/110000865/jangan-salah-beli-ini-ciri-ciri-hewan-kurban-yang-sehat.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm