Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan saat menghadiri acara HUT Ke-52 HIPMI di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin (10/6/2024).
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan saat menghadiri acara HUT Ke-52 HIPMI di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin (10/6/2024). ( KOMPAS.com)

Luhut Bocorkan Pertamina dan Bulog Bakal Akuisisi Perusahaan Asing

11 Juni 2024 10:26 WIB

SonoraBangka.ID - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan membocorkan informasi bahwa dua badan usaha milik negara (BUMN), yakni PT Pertamina (Persero) dan Perum Bulog, akan mengakuisisi perusahaan asing.

Luhut menyebutkan, Pertamina akan mengakuisisi perusahaan asal Brasil yang menyuplai gula dan etanol agar Pertamina dapat mendapatkan pasokan bahan baku bioetanol.

Hal ini sebagai upaya pemerintah untuk mengganti bahan bakar bensin menjadi bioetanol dan menurunkan kadar sulfur secara bertahap.

"Presiden tadi sudah memutuskan nanti Pertamina akan akuisisi perusahaan, sekarang lagi due dilligence (uji kelayakan) di Brasil," ujarnya saat menghadiri acara HUT Ke-52 Hipmi di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin (10/6/2024).

Diperkirakan dalam 2-3 tahun ke depan bioetanol sudah dapat menggantikan bensin sebagai bahan bakar kendaraan bermotor.

Dengan demikian, peralihan bahan bakar kendaraan bermotor dari bensin ke bioetanol ini dapat menurunkan tingkat polusi udara di Indonesia, terutama Jakarta.

"Sehingga nanti Pertamina memiliki sumber energi dan sumber gula di Brasil, itu akan membuat ketahanan energi kita bagus," ucapnya.

Sebagai informasi, pada 24 Juli 2023, Pertamina resmi mulai menjual Pertamax Green 95 di 15 SPBU yang ada di Jakarta dan Surabaya. BBM terbaru Pertamina ini dijual seharga Rp 13.500 per liter.

Pertamax Green 95 sendiri merupakan BBM hasil percampuran Pertamax dengan Bioetanol sebesar 5 persen (E5). Bioetanol adalah etanol atau senyawa alkohol yang berasal dari tumbuhan, dan dalam hal ini Pertamina menggunakan tebu.

Sementara untuk Bulog, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan Bulog mengakuisisi sejumlah produsen beras di Kamboja dan Luhut diminta untuk menindaklanjuti rencana tersebut.

"(Proses akuisisi) memang sudah ditindaklanjuti, sekarang tinggal kita melakukan due diligence," ungkapnya.

Namun, dia tidak menjelaskan lebih lanjut terkait rencana akuisisi Bulog terhadap perusahaan dari Kamboja ini.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Luhut Bocorkan Pertamina dan Bulog Bakal Akuisisi Perusahaan Asing", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2024/06/11/050600026/luhut-bocorkan-pertamina-dan-bulog-bakal-akuisisi-perusahaan-asing.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm