Tuas Transmisi Toyota GR Corolla(KOMPAS.com/Adityo Wisnu)
Tuas Transmisi Toyota GR Corolla(KOMPAS.com/Adityo Wisnu) ( KOMPAS.COM)

Tangan Menyandar pada Tuas Persneling Bikin Rusak Transmisi?

29 Juni 2024 20:24 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Saat berkendara mobil manual biasanya kita tak sadar atau lupa menaruh tangan kiri kembali ke roda kemudi setelah memindahkan tuas persneling.

Alih-alih kembali memegang roda kemudi, tangan justru menyandar di tuas persneling terlebih lagi dalam kondisi lalu lintas macet.

Lantas, apakah perilaku tersebut dapat merusak transmisi?

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta, mengatakan, ada dua jenis kondisi saat tangan pengemudi menggantung di tuas persneling.

“Pertama tangan menggantung yang dapat merusak persneling, yakni ketika setelah memindahkan tuas tangan pengemudi tetap memberikan gaya dorong, seharusnya setelah tuas terkunci gaya dorong tersebut dihilangkan,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Jumat (28/6/2024).

Hardi mengatakan dengan tangan pengemudi menggantung di persneling maka akan terasa gaya atau getaran dari arah transmisi ketika mobil sedang melaju terutama saat pedal gas dimainkan.

“Getaran tersebut normal, karena memang ada gap di sana, asalkan tidak sampai goyang parah, nah ketika getaran itu terasa sebaiknya persneling dilepas atau minimal jangan menahannya,” ucap Hardi.

Kalau ditahan, menurut Hardi dapat merusak komponen persneling yakni kabel, ball joint dan sejenisnya yang masih berkaitan.

“Kalau sampai merusak komponen transmisi sih tidak, seling dan ball joint-nya saja paling yang rawan rusak karena dia menjadi tegang akibat gaya dari transmisi,” ucap Hardi.

Tapi, menurut Hardi ketika tangan cuma menempel tanpa ada gaya dorong atau upaya menhan tuas persneling maka hal itu tidak akan menimbulkan masalah.

“Bisa saja dalam kondisi lalu lintas macet, maka perpindahan gigi percepatan diperlukan lebih sering maka biasanya tangan pengemudi tetap memegang persneling, nah selama tidak mendorongnya setelah berpindah itu tidak masalah,” ucap Hardi.

Jadi, anggapan menggantung tangan di tuas persneling saat berkendara mobil manual dapat merusak transmisi tidak sepenuhnya benar melainkan ada kondisi tertentu yang masih bisa ditoleransi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tangan Menyandar di Tuas Persneling Bikin Rusak Transmisi?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/06/29/092200215/tangan-menyandar-di-tuas-persneling-bikin-rusak-transmisi-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm