Ilustrasi transmisi manual milik VW Golf R(CARSCOOPS.com)
Ilustrasi transmisi manual milik VW Golf R(CARSCOOPS.com) ( KOMPAS.COM)

Alasan Kenapa saat Proses Pindah Persneling Mobil Manual Gas Harus Dilepas

29 Juni 2024 21:26 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Cara mengoperasikan mobil manual membutuhkan kemampuan khusus karena tidak semua pengemudi paham kondisi mobil saat melaju.

Seperti yang diketahui mobil manual membuat pengemudi terlibat secara langsung dalam hal pengoperasian sehingga kalau kompetensinya kurang justru bisa merusak komponen.

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta, mengatakan, salah satu cara pengoperasian mobil manual yang salah adalah perpindahan gigi terjadi dengan putaran mesin masih terlalu tinggi.

“Maka dari itu, meski ada kopling sebagai pemutus putaran mesin pedal gas tetap harus dilepas saat proses shifting, tujuannya putaran mesin tidak terlalu tinggi, kebiasaan ini justru akan merusak koplingnya,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Jumat (28/6/2024).

Hardi mengatakan ketika putaran mesin terlalu tinggi, maka saat proses perpindahan gigi transmisi akan membuat gaya gesek pada kampas kopling dan roda gilanya tinggi, akibatnya kampas jadi lebih cepat aus.

“Dengan melepas pedal gas, maka putaran mesin sejak awal pengemudi melepas pedal kopling akan menyesuaikan diri, selanjutnya pengemudi tinggal menambah gas setelah kopling bertautan,” ucap Hardi.

Hardi mengatakan dengan gaya gesek lebih besar pada kampas kopling dan roda gila maka komponen tersebut rawan mengalami overheat dan bila terus dipaksakan bisa bikin kopling terbakar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Alasan Kenapa saat Pindah Persneling Mobil Manual Gas Harus Dilepas", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/06/29/114200415/alasan-kenapa-saat-pindah-persneling-mobil-manual-gas-harus-dilepas.


SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm