Honda WR-V transmisi manual(KOMPAS.com/Adityo Wisnu)
Honda WR-V transmisi manual(KOMPAS.com/Adityo Wisnu) ( KOMPAS.COM)

Hanya Rembes Oli, Apakah Boleh Menunda Saran Turun Transmisi Manual?

29 Juni 2024 21:33 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Saran perbaikan biasanya datang dari pihak bengkel setelah mobil melakukan perawatan atau sekadar konsultasi.

Pada kondisi tertentu, saran perbaikan mobil bisa sampai harus melakukan turun transmisi atau overhaul untuk memperbaiki kebocoran oli.

Lantas, apa dampaknya kalau saran perbaikan tersebut tidak segera dilakukan?

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta, mengatakan, setiap ada kebocoran oli pada transmisi manual sebaiknya perbaikan segera dilakukan.

“Tujuannya untuk mencegah terjadinya penurunan volume oli, khusus untuk jenis transmisi manual bila oli berkurang maka dampaknya beberapa komponen akan aus seperti bearing,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Jumat (28/6/2024).

Hardi mengatakan kerusakan yang bisa terjadi awalnya hanya muncul suara kasar saat mobil melaju atau mesin hidup. Tapi, bila terus diabaikan kerusakan lain lebih berat bisa terjadi.

“Ketika ketahuan ada kebocoran oli, langsung dilakukan perbaikan maka biayanya akan lebih murah daripada menunggu sampai ada kerusakan lainnya, level oli transmisi manual juga lebih sulit terkontrol karena tidak semuanya dibekali dipstick,” ucap Hardi.

Jadi, menurut Hardi menunda perbaikan kebocoran oli transmisi berpotensi memperparah kerusakan dan dapat membuat biaya perbaikan membengkak.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hanya Rembes Oli, Bolehkah Menunda Saran Turun Transmisi Manual?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/06/29/120200715/hanya-rembes-oli-bolehkah-menunda-saran-turun-transmisi-manual-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm