Matahari Department Store
Matahari Department Store ( KOMPAS.com)

Matahari Department Store Konfirmasi Tutup Gerai yang Kinerjanya Buruk

3 Juli 2024 10:29 WIB

SonoraBangka.ID - Emiten ritel PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) buka suara terkait kabar yang menyebutkan bahwa pihaknya akan melakukan penutupan beberapa tokonya di wilayah Tangerang, Banten.

Terkait hal tersebut, Matahari Department Store mengatakan bahwa pihaknya sedang melakukan optimalisasi strategis terhadap portofolio gerainya.

“Ini melibatkan penutupan beberapa gerai yang tidak berkinerja baik dan pembukaan gerai baru di area dengan tingkat kunjungan konsumen yang tinggi, sebagai bagian dari komitmen kami untuk memberikan pengalaman ritel terbaik bagi pelanggan kami,” tulis Matahari Department Store dalam pernyataan resmi, Selasa (2/7/2024).

Matahari Department Store menyebut bahwa keputusan ini diambil setelah melalui proses evaluasi menyeluruh, sejalan dengan strategi bisnis jangka panjang kami dan praktik operasional standar.

“Kami telah memperhatikan bahwa ada beberapa pihak yang mungkin menyampaikan informasi yang kurang tepat mengenai strategi optimalisasi gerai kami,” ujar manajeman Matahari Department Store.

Manajemen Matahari Department Store mengaku terus berfokus pada rebranding dan modernisasi gerai-gerai utamanya, melanjutkan pembukaan 9 gerai pada tahun lalu dengan beberapa pembukaan gerai baru yang direncanakan untuk tahun 2024, termasuk penambahan gerai terkini di AEON Deltamas pada Maret 2024.

“Kami akan tetap mengutamakan pemilihan lokasi berkualitas tinggi dari pipeline kami untuk memastikan pengalaman ritel terbaik bagi para pelanggan kami,” kata manajemen.

Sebelumnya, Ketua Umum Asosiasi Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Budihardjo Iduansjah mengonfirmasi bahwa Matahari Department Store telah menutup satu gerainya.

Menurut dia hal tersebut merupakan hal yang biasa dilakukan oleh pebisnis ritel dalam mengelola bisnisnya. Dia menjelaskan, penutupan satu gerai yang dilakukan oleh peritel biasanya akan disusul dengan pesta diskon besar-besaran di ritel yang lainnya.

“Menurut kami dari asosiasi dalam konteks bisnis, kalau toko sepi pasti akan ditutup namun diikuti ada toko yang membuat diskon besar. Dan ini adalah hal yang lumrah yang dilakukan oleh ritel-ritel,” Senin (1/7/2024).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Matahari Department Store Konfirmasi Tutup Gerai yang Kinerjanya Buruk", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2024/07/03/100000926/matahari-department-store-konfirmasi-tutup-gerai-yang-kinerjanya-buruk.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm