AC Mobil Suzuki(SIS)
AC Mobil Suzuki(SIS) ( KOMPAS.COM)

Agar Enggak Berembun, Pengemudi Bisa Menyetel AC Mobil Saat Kondisi Hujan

6 Juli 2024 19:20 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Embun pada permukaan kaca mobil seringkali terjadi saat mengemudi mobil di kondisi hujan, ini bisa menghalangi pandangan dan menurunkan tingkat keamanan dalam berkendara.

Maka dari itu, pengemudi bisa memanfaatkan AC mobil untuk menjaga visibilitas selama perjalanan. Penggunaan AC dapat membantu mengontrol kelembapan di dalam kabin, sehingga mencegah terbentuknya embun, dan memastikan pengemudi tetap fokus pada jalan.

Iwan, Pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic, mengatakan, kaca berembun akibat perbedaan suhu antara kabin mobil dengan kondisi udara di luar mobil.

“Saat hujan maka suhu di luar mobil akan menjadi lebih rendah daripada kabin mobil, sehingga terjadi kondensasi dengan munculnya embun yang menempel di sisi dalam kaca,” kata Iwan kepada Kompas.com, Kamis (5/7/2024).

Iwan melanjutkan, untuk mengatasi timbulkan embun pada kaca mobil yang mengganggu visibilitas, pengemudi bisa mengatur AC mobil.

“Untuk mengatasinya harus mengatur suhu kabin menyesuaikan dengan suhu luar kabin sampai embun hilang,” kata Iwan.

Dia juga mengatakan, pengemudi bisa mengarahkan atau menyetel blower AC ke arah kaca untuk mempercepat hilangnya embun.

Sementara, untuk patokan suhu AC pengemudi cukup menyesuaikan suhu dalam serta luar kabin.

“Suhu kabin menyesuaikan suhu di luar mobil, atau bisa di atur dingin maksimal amalah langsung hilang embunnya,” kata Iwan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Agar Enggak Berembun, Pengemudi Bisa Menyetel AC Mobil Saat Hujan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/07/06/104200315/agar-enggak-berembun-pengemudi-bisa-menyetel-ac-mobil-saat-hujan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm