Ilustrasi penjualan mobil. sold out artinya, sold out adalah, arti sold out adalah(Nikkei)
Ilustrasi penjualan mobil. sold out artinya, sold out adalah, arti sold out adalah(Nikkei) ( KOMPAS.COM)

Otomotif Indonesia Kondisinya Masih Seksi dari Rasio Kepemilikan Mobil ASEAN

10 Juli 2024 20:46 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pengamat otomotif sekaligus peneliti senior Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis (LPEM FEB) Universitas Indonesia Riyanto menyampaikan bahwa pasar otomotif di Indonesia masih sangat potensial.

Hanya saja, memang masih terdapat kendala terhadap pendapatan tahuanan rata-rata yang pada akhirnya membuat penyerapan mobil baru cenderung lambat.

"Dalam satu dekade, pendapatan per kapita kita naik dari low income country saat ini sudah masuk ke upper middle (4.000 dollar AS-12.000 dollar AS)," katanya di Jakarta, Selasa (9/7/2024) malam.

"Tetapi memang kenaikannya akhir-akhir ini stagnan, tidak signifikan seperti pada tahun sebelumnya (2010 ke 2013). Sementara, kenaikan harga mobil cukup tinggi, pada akhirnya rasio kepemilikan kendaraan kita masih rendah," lanjut Riyanto.

Ia pun membandingkan pendapatan rata-rata masyarakat dan rasio kepemilikan kendaraan roda empat di Indonesia dengan negara tetangga Asia Tenggara alias ASEAN untuk periode 2022.

Dengan pendapatan per kapita 4.135 dollar AS, rasio kepemilikan mobil di Tanah Air masih satu unit per 261 penduduk. Tapi, total pasar yang terbentuk mencapai 1 juta unit.

Kondisi ini cukup berbeda signifikan dengan Thailand yang memiliki pendapatan per kapita 7.806 dollar AS dan rasio kepemilikan mobilnya sebanyak 1 unit per 82 penduduk, tetapi pasarnya cuma 849.388 unit.

"Ini hubungannya kepada pendapatan per kapita. Mungkin kalau kita (pendapatan per kapita) naik saja ke level 6.000 dollar AS, sedikit di bawah Thailand (7.806 dollar AS), rasio kepemilikan mobilnya bisa jadi 150 orang per satu mobil," ucap Riyanto.

"Dalam artian, penjualan mobil tahunan kita bisa menembus 1,5 juta unit. Maka itu, potensi pasar kita masih besar sekali untuk tumbuh," kata dia lagi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Otomotif Indonesia Masih Seksi dari Rasio Kepemilikan Mobil ASEAN", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/07/10/090200215/otomotif-indonesia-masih-seksi-dari-rasio-kepemilikan-mobil-asean.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm