Pertamina resmi merilis BBM Pertamax Green 95(Dok. Pertamina)
Pertamina resmi merilis BBM Pertamax Green 95(Dok. Pertamina) ( KOMPAS.COM)

Pembatasan BBM Subsidi mulai pada 17 Agustus, Beralih ke Bioetanol

10 Juli 2024 21:48 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Isu tentang pembatasan pembelian BBM subsidi kembali banyak dibicarakan. Khususnya, setelah Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan pemerintah akan memulainya pada 17 Agustus 2024.

Pernyataan tersebut diungkapkan ketika Luhut membahas defisit APBN 2024 yang diperkirakan akan lebih besar dari target yang sudah ditetapkan.

"Sekarang Pertamina sudah menyiapkan, kita berharap 17 Agustus ini kita sudah bisa mulai, di mana orang yang tidak berhak dapat subsidi itu akan bisa kita kurangi," ujar Luhut, dalam unggahan Instagram-nya @luhut.pandjaitan, dikutip Rabu (10/7/2024).

Pembatasan pembelian BBM subsidi bukan cuma soal penghematan anggaran. Tapi, ada hubungannya juga dengan pengurangan emisi gas buang.

Untuk itu, pemerintah juga mendorong pengembangan bioetanol. Saat ini, Pertamina juga sudah memasarkan Pertamax Green 95 dengan campuran etanol 5 persen (E5).

Meskipun, jumlah SPBU yang menyediakannya masih sangat terbatas. Dikutip dari laman Pertamina, baru ada 17 SPBU di Jabodetabek yang menyediakan Pertamax Green 95.

Bioetanol adalah salah satu bentuk energi terbarukan yang dapat diproduksi dari tumbuhan melalui proses fermentasi. Dengan dicampurkan ke bahan bakar fosil, maka dapat menurunkan kadar emisinya.

"Kita juga sedang berencana untuk mendorong alternatif pengganti bensin melalui bioetanol. Selain mampu mengurangi kadar polusi udara, tingkat sulfur yang dimiliki bahan bakar alternatif ini juga tergolong rendah," kata Luhut.

Luhut menambahkan, saat ini pengembangan bioetanol sedang dilakukan Pertamina. Diharapkan pengembangan tersebut bisa berjalan dengan baik, sehingga bisa segera diterapkan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pembatasan BBM Subsidi mulai 17 Agustus, Beralih ke Bioetanol", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/07/10/133100315/pembatasan-bbm-subsidi-mulai-17-agustus-beralih-ke-bioetanol.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm