Ilustrasi jamu kunyit asam.
Ilustrasi jamu kunyit asam. ( Dok. Shutterstock/Tantri Setyorini)

Cocok untuk Musim Pancaroba, Berikut Cara Membuat Kunyit Asam

11 Juli 2024 08:01 WIB

SonoraBangka.id - Musim pancaroba membuat daya tahan tubuh menurun dan menjadikan sebagian orang sakit.  Coba buat minuman berbasis empon-empon atau rimpang khas Indonesia yang memiliki khasiat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Salah satunya kunyit asem.  Simak resep kunyit asem dari Sajian Sedap ini, rasanya manis dan asam cocok bagi kamu yang tidak begitu suka jamu. Selain itu, minuman ini bisa dinikmati dalam kondisi dingin.  

Resep kunyit asam

Bahan

200 gram kunyit, dibakar, diparut

250 gram gula merah

100 gram asam jawa

1.500 ml air

1/2 sendok teh garam

500 gram es batu (opsional)

Cara membuat kunyit asem:

1.Rebus kunyit, gula merah, asam jawa, dan garam bersama air sambil diaduk-aduk sampai mendidih.

2. Saring dan minum selagi hangat, atau bisa ditunggu dingin untuk ditambahkan es batu. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Kunyit Asam, Minuman Empon-empon untuk Musim Pancaroba", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2024/07/10/080700975/resep-kunyit-asam-minuman-empon-empon-untuk-musim-pancaroba.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm