Ilustrasi gado-gado, sajian ramah vegetarian.
Ilustrasi gado-gado, sajian ramah vegetarian. ( shutterstock/Evy Alisha)

Berikut ini 3 Tips Membuat Bumbu Kacang untuk Aneka Makanan

15 Juli 2024 20:41 WIB

SonoraBangka.id - Bumbu kacang cocok dipadukan dengan dengan banyak makanan, seperti karedok, pecel, hingga gado-gado. Seperti namanya, kacang tanah menjadi sorotan utama dalam membuat bumbu ini. Ditambah bumbu lainnya. Bila ingin membuat bumbu kacang, kamu bisa menyimak tipsnya dari Leonardus Bernardo, Executive Chef Hotel Santika Premiere Hayam Wuruk Jakarta berikut ini. 

1. Ulek bumbu kacang

Kacang tanah harus dihaluskan terlebih dulu, sebelum diencerkan dengan larutan asam jawa dan ditambah bumbu lain. Cara terbaik menghaluskan kacang tanah untuk membuat sambal kacang adalah menguleknya, seperti saran Ardo. "Kalau kata orang zaman dulu, lebih bagus diulek karena teksturnya beda, bisa sesuai keinginan kita," ujar dia.

2. Haluskan kacang tanah dengan blender

Meski kurang dianjurkan, boleh saja membuat kacang tanah menggunakan blender agar lebih praktis. Lihat Foto Ilustrasi gado-gado, sajian ramah vegetarian. (shutterstock/Evy Alisha) Namun, perhatikan wadah blender yang digunakan. Ardo menyarankan, pakai blender khusus bumbu  "Blendernya sedikit-sedikit, jangan langsung banyak karena tidak bisa pakai air terlalu banyak kan," kata Ardo ketika dihubungi Kompas.com, Jumat (12/7/2024). 

3. Pakai sedikit air 

Selama menghaluskan kacang tanah dengan blender, tambahkan air sedikit saja sampai teksturnya halus dan agak kering. Sebab, kacang tanah yang sudah diblender bisa dijadikan stok saat ingin membuat bumbu kacang pada keesokan hari. Baca juga: 16 Resep Masakan dengan Bumbu Kacang, Ada Makanan Berat dan Camilan Bila airnya terlalu banyak, kacang yang dihaluskan akan terlalu encer dan tidak bisa disimpan lama.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Tips Membuat Bumbu Kacang untuk Aneka Makanan dari Koki Hotel", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2024/07/13/073100675/3-tips-membuat-bumbu-kacang-untuk-aneka-makanan-dari-koki-hotel.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm