Ilustrasi bayam. Berikut makanan yang sebaiknya dihindari saat musim hujan.
Ilustrasi bayam. Berikut makanan yang sebaiknya dihindari saat musim hujan. ( Shutterstock)

Berikut Cara Menyimpan Bayam agar Tidak Cepat Layu dan Busuk

15 Juli 2024 20:45 WIB

SonoraBangka.id -  Bayam tidak bisa disimpan lama. Sayuran hijau ini cepat layu dan membusuk dalam hitungan hari setelah dipanen. Tanda bayam membusuk bisa dilihat dari daun yang tidak segar atau layu, lalu warnanya berubah menjadi kekuningan. 

Aroma bayam juga bisa berubah karena lendir yang muncul setelah dibiarkan lama di suhu ruang. Masih ada cara menyimpan bayam agar tidak cepat layu dan membusuk, seperti dilansir All Recipes dan Master Class, Kamis (11/7/2024), berikut ini. Tips menyimpan bayam

1. Pilah daun bayam

Sebelum disimpan, periksa kualitas sayur dengan memisahkan bayam yang masih segar dengan setengah layu. Bayam setengah layu ditandai dengan perubahan daun hijau menjadi kekuningan atau kecoklatan. Buang bagian ini dan simpan daun yang segar.

2. Keringkan bayam

Bayam yang dibeli di pasar biasanya terlihat basah. Jadi, kamu perlu menepuk-nepuknya agar kandungan air tersebut tiris. Jangan dulu mencuci bayam agar sayur tidak mudah busuk selama disimpan.

3. Bungkus dengan tisu

Tisu akan menyerap kandungan air berlebih dalam bayam sehingga sayuran hijau ini bisa lebih lama disimpan. Sebab, makin tinggi tingkat kelembapannya, semakin cepat pembusukan yang terjadi pada bayam. Cukup bungkus bayam dengan tisu, lalu masukkan wadah kedap udara dan simpan di kulkas maksimal 10 hari. 

4. Jauhkan bayam dari pisang 

Jika menyimpan bayam di wadah terbuka, pastikan untuk menaruhnya jauh dari buah penghasil etilen, seperti pisang dan apel. Alasannya, paparan gas etilen bisa menyebabkan bayam tidak bisa disimpan lama, lebih cepat layu dan membusuk. Baca juga: 16 Resep Olahan Bayam untuk Menu Sarapan

5. Simpan bayam di freezer

Sayur bayam adalah makanan padat nutrisi, sumber zat gizi mikro yang baik dan rendah kalori. Manfaatnya meliputi mencegah kanker dan menguatkan imun.(SHUTTERSTOCK/AULENA+HAURYLIK) Tahan lebih lama, kamu bisa menyimpan bayam dalam kondisi beku di freezer. Caranya masih sama. Taruh bayam di dalam wadah kedap udara, lalu masukkan ke freezer agar tahan berbulan-bulan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Cara Menyimpan Bayam agar Tidak Cepat Layu dan Busuk", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2024/07/12/091000675/5-cara-menyimpan-bayam-agar-tidak-cepat-layu-dan-busuk?page=all#page2.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm