Sosialisasi Transisi PAUD ke SD
Sosialisasi Transisi PAUD ke SD ( )

Pemkab Bateng Gelar Sosialisasi Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan untuk Mengoptimalkan Kesiapan Anak Masuk Sekolah Dasar

16 Juli 2024 10:35 WIB

SonoraBangka.id - Dalam rangka mengoptimalkan kesiapan dan perkembangan anak yang akan memasuki jenjang pendidikan tingkat sekolah dasar, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Pemkab Bateng) melalui Dinas Pendidikan menggelar kegiatan Sosialisasi Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan di Gedung Serba Guna Kecamatan Namang, Senin (15/07/2024).

Sebagai informasi, kegiatan ini merupakan respon pemerintah dalam menyikapi banyaknya orang tua yang mendaftarkan anaknya masuk kelas 1 SD tanpa mengikuti pendidikan anak usia dini (PAUD). Untuk itu, Kemendikbudristek telah meluncurkan program Merdeka Belajar episode ke-24 ‘Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan’.

Mewakili Bupati Bangka Tengah, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Bateng, Tamimi, hadir membuka kegiatan yang diikuti oleh tenaga pendidik tingkat sekolah dasar yang ada di Kabupaten Bangka Tengah.

Dalam sambutannya, Tamimi mengatakan pendidikan dan pengasuhan anak usia dini yang berkualitas merupakan investasi penting yang harus dilaksanakan agar kedepannya menghasilkan generasi emas yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya.

"Kita, semua pihak, tentu diharapkan mampu untuk ikut bersama-sama dalam menyukseskan program pemerintah tentang pelaksanaan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan,” ujar Tamimi.

Menurut Tamimi, perlunya transisi dari PAUD ke SD yang menyenangkan adalah untuk menghindari kesalahan dan tindakan yang tidak tepat dalam rangka menstimulasi perkembangan anak usia dini.

"Kegiatan ini dilaksanakan untuk memastikan bahwa tidak ada patahan pembelajaran dari jenjang PAUD ke SD sehingga peserta didik dapat secara optimal menguasai pembelajaran dasar dengan dilakukan secara bertahap dan menyenangkan," ucapnya.

Sementara itu, Bunda PAUD Kabupaten Bangka Tengah, Eva Algafry, memberikan motivasi dan pesan kepada para peserta didik yang baru menempuh jenjang sekolah tingkat dasar.

"Mungkin bagi sebagian orang tua dan anak-anak, ini menjadi momen yang menakutkan, tapi tugas kita adalah bagaimana menciptakan transisi dari PAUD ke SD yang menyenangkan dan menenangkan untuk semuanya,” tutur Eva.

Bunda PAUD juga meyakini bahwa para orang tua murid dan tenaga pendidik bisa saling bekerja sama dan menjalin komunikasi yang baik demi kemajuan dan perkembangan anak didik yang baru menempuh jenjang pendidikan tingkat dasar.

“Saya sebagai Bunda PAUD, percaya bahwa kita bisa bekerja sama dan semoga anak-anak bisa beradaptasi dengan baik. Mari kita lakukan kebaikan semampu kita, sesuai dengan tupoksi masing-masing, maka balasannya adalah kebaikan juga,” pungkasnya.

Dinas Pendidikan Bateng dalam sosialisasi ini menghadirkan narasumber antara lain Rara Anggraini, S.Pd.SD. dari SDN 6 Koba, Fadiyah Alifia Kinanti, S.Pd. dari SDN 8 Lubuk Besar, Putri Kurniati, S.Pd. dan Arista dari TK Khoirunnisa, serta Khamimatur Rofinga, S.Pd.SD., M.Pd. dari SDN 9 Koba.

Artikel ini telah terbit di https://bangkatengahkab.go.id/berita/detail/kominfo/optimalkan-kesiapan-anak-masuk-sekolah-dasar-pemkab-bateng-gelar-sosialisasi-transisi-paud-ke-sd-yang-menyenangkan

Sumberbangkatengahkab.go.id
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm