Bupati Bangka Tengah Peringati 10 Muharam di Kelurahan Dul
Bupati Bangka Tengah Peringati 10 Muharam di Kelurahan Dul ( Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah)

Peringati 10 Muharam di Kelurahan Dul, Bupati Bangka Tengah Ajak Tingkatkan Amal Ibadah

17 Juli 2024 14:36 WIB

SonoraBangka.id - “Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah Swt. ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah Swt. pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa”, ucap Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman mengutip Surah At Taubah ayat 36.

Algafry menyampaikan salah satu dari bulan haram tersebut adalah bulan Muharam yang saat ini diperingati oleh seluruh umat muslim, tak terkecuali di Bangka Tengah. Kali ini, Algafry bersama umat muslim Kelurahan Dul dan sekitarnya memperingati 10 Muharam di Masjid Ar-Rahman, Kecamatan Pangkalanbaru, Selasa (16/07/2024) malam.

Ia menyampaikan bulan Muharam merupakan bulan pertama dalam kalender Hijriyah, dimana pada bulan ini terdapat begitu banyak peristiwa penting dalam sejarah Islam terjadi, diantaranya hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah pada tahun 622 Masehi.

“Kita sudah memasuki tahun baru Islam, memasuki babak baru dalam hidup. Jadikan momen ini untuk bermuhasabah atas segala nikmat yang diberikan Allah Swt. dan segala khilaf yang dilakukan,” tutur Algafry.

Ia juga mengajak untuk meningkatkan amal ibadah di bulan yang mulia ini.

“Mari kita tingkatkan iman dan takwa kepada Allah Swt, sekecil apapun amal kebaikan yang kita perbuat insyaallah akan mendapat balasan oleh Allah Swt., perbanyak lakukan kegiatan yang disunahkan Rasulullah Saw. seperti puasa sunah, kegiatan malam ini juga merupakan ikhtiar kita untuk mengharap rida-Nya, dan patut kita syukuri bahwa kita masih diberikan hidayah dan nikmat untuk istikamah menjalankan perintah-Nya,” kata Algafry.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan doa bersama yang dipimpin oleh Ketua Masjid Ar-Rahman. Selain itu, Algafry menyempatkan dirinya untuk menghadiri kegiatan mengenang 40 hari wafatnya pendiri Ponpes Al Barokah, Alm. H. Saimin bin Nijan di Ponpes Al Barokah, Jalan Taib Kelurahan Dul.

Kemudian, didampingi Camat Pangkalanbaru dan Lurah Dul, Algafry juga menyambangi salah satu rumah warga Kelurahan Dul yang sedang mendapatkan musibah.

Ia memberikan bantuan berupa sembako dan uang tunai serta menyampaikan semangat dan doa agar keluarga tersebut diberikan kekuatan dan kesabaran dalam menjalani cobaan yang diberikan Allah Swt.

Artikel ini telah terbit di https://bangkatengahkab.go.id/berita/detail/kominfo/peringati-10-muharam-di-kelurahan-dul-bupati-bangka-tengah-ajak-tingkatkan-amal-ibadah

Sumberbangkatengahkab.go.id
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm