Ilustrasi pisang bolen.
Ilustrasi pisang bolen. ( DOK.SAJIANSEDAP)

Ekonomis dan Praktis, Berikut Cara Membuat Pisang Bolen 6 Bahan

17 Juli 2024 15:50 WIB

SonoraBangka.id -  Siapa yang tidak tergoda dengan kelezatan pisang bolen? Camilan klasik ini selalu menjadi favorit banyak orang, dengan perpaduan kulit renyah dan isian pisang manis yang lumer di mulut. Kini, kamu bisa membuat pisang bolen sendiri di rumah dengan mudah dan ekonomis. Resep kali ini hanya menggunakan 6 bahan sederhana yang mudah ditemukan, dan langkah-langkahnya pun sangat praktis, bahkan untuk pemula di dapur.

Dengan mengikuti resep ini, kamu akan mendapatkan pisang bolen yang renyah di luar dan lembut di dalam, dengan isian pisang manis yang legit dan menggoda. Cocok dinikmati sebagai camilan bersama keluarga atau teman, atau bahkan untuk hidangan penutup istimewa. Ikuti resepnya dari buku "Fun Cooking with Yackikuka" (2018) oleh Melliana Hardi terbitan Loveable, bikin untuk satu loyang panjang. 

Resep pisang bolen 

Bahan 

Puff pastry instan

2 buah pisang raja (bisa diganti jenis lain)

Minyak goreng secukupnya

1 sdm mentega

Gula secukupnya Keju cheddar, potong 3 cm

Cara membuat pisang bolen 

1. Panaskan minyak goreng dan masukkan mentega. Goreng pisang hingga berwarna kuning kecokelatan, pastikan pisang terendam minyak. Angkat dan tiriskan, kemudian potong pisang menjadi 3 bagian dan belah setengah tiap bagian.

2. Letakkan puff pastry di atas papan yang sudah ditaburi tepung agar tidak lengket. Potong puff pastry menjadi 6 bagian yang sama besar dan gilas dengan pin roll atau botol yang permukaannya rata.

3. Isi bagian tengah setiap potongan puff pastry dengan potongan pisang, tambahkan potongan keju dan gula sesuai selera.

4. Lipat setiap sisi puff pastry ke atas pisang hingga semuanya tertutup. Letakkan di loyang dan olesi permukaan puff pastry dengan kuning telur. 5. Panggang dalam oven selama 15 menit pada suhu 200°C atau hingga puff pastry mengembang dan bagian bawahnya berwarna kecokelatan. Angkat dan sajikan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Pisang Bolen 6 Bahan, Ekonomis dan Praktis", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2024/07/07/090700575/resep-pisang-bolen-6-bahan-ekonomis-dan-praktis.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm