Museum Timah Indonesia di Pangkalpinang, Bangka Belitung
Museum Timah Indonesia di Pangkalpinang, Bangka Belitung ( Shutterstock/Sony Herdiana)

Dengan Koleksi Sejarah Pertimahan yang Lengkap, Museum Timah Indonesia Pangkalpinang Selalu Ramai Dikunjungi Orang

17 Juli 2024 18:52 WIB

SonoraBangka.idMuseum Timah Indonesia didirikan untuk memperkenalkan sejarah pertambangan timah di Bangka Belitung, maupun Indonesia secara umum.

Museum Timah Indonesia (MTI) Pangkalpinang ramai dikunjungi wisatawan, baik pelajar maupun masyarakat umum.

Medio Januari-Juni 2024, MTI Pangkalpinang yang dikelola PT Timah ini telah dikunjungi sebanyak 13.883 orang.

"Kunjungan didominasi pelajar yang ingin mengetahui tentang sejarah timah, ada juga wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara," kata Ketua MTI Pangkalpinang, Taufik.

Dalam satu hari museum ini bisa dikunjungi ratusan orang, untuk sekedar rekreasi maupun melihat beragam koleksi yang dimiliki museum.

MTI Pangkalpinang didirikan pada tahun 1958 dengan tujuan mencatat sejarah pertimahan di Bangka Belitung dan memperkenalkannya pada masyarakat luas.

Museum yang terletak di jalan Jenderal Ahmad Yani Kota Pangkalpinang ini memiliki beragam koleksi peninggalan sejarah khususnya sejarah penambangan timah.

Medio Januari-Juni 2024, MTI Pangkalpinang yang dikelola PT Timah ini telah dikunjungi sebanyak 13.883 orang.

Di sini tersimpan berbagai koleksi menarik, seperti miniatur kapal penambangan timah, peralatan penambagan timah, bor tambang peninggalan Belanda, lokomotif klasik, diorama, relief sejarah pertambangan timah dan lainnya.

Selain sebagai pusat informasi pertimahan, MTI Pangkalpinang juga menjadi tempat wisata edukasi, bahkan salah satu cagar budaya Kota Pangkalpinang.

Sumberwww.kabarbumn.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm