Wakil Menteri Keuangan I Suahasil Nazara, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Wakil Menteri Keuangan II Thomas Djiwandono
Wakil Menteri Keuangan I Suahasil Nazara, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Wakil Menteri Keuangan II Thomas Djiwandono ( KOMPAS.com)

Thomas Djiwandono Jadi Wakil Menkeu II, Sri Mulyani: Selamat Datang Tommy...

18 Juli 2024 18:26 WIB

SonoraBangka.ID - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyambut kedatangan Thomas Djiwandono sebagai Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) II. Kehadiran Thomas diharapkan dapat memuluskan proses transisi kepemimpinan presiden yang menyisakan waktu kurang lebih 3 bulan.

Dalam konferensi pers, Sri Mulyani mengatakan, dirinya sebenarnya sudah berkoordinasi intensif bersama Thomas selaku ketua bidang ekonomi Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo - Gibran dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir. Oleh karenanya, ia menyambut baik kehadiran Thomas dalam jajaran kementeriannya.

"Kami semuanya seluruh jajaran Kementerian Keuangan tentu mengucapkan selamat datang Tommy (panggilan Thomas) dan selamat bergabung dengan tim Kementerian Keuangan," kata Sri Mulyani, di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (18/7/2024).

Bendahara negara bilang, momen pelantikan Thomas sebagai Wamenkeu II bertepatan dengan proses penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025. Walaupun penyusunannya dilakukan oleh pemerintah kabinet Presiden Jokowi, APBN itu nantinya bakal dilaksanakan oleh pemerintahan di bawah kepemimpinan Prabowo.

"Oleh karena itu dalam mengemban tugas tanggung jawab tadu, kami di Kementerian Keuangan memang harus berkoordinasi," ujar Sri Mulyani.

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo melantik Thomas Djiwandono sebagai Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/7/2024).

Pelantikan tersebut Berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 45M Tahun 2034 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024 yang dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Nanik Purwanti.

Keppres tersebut ditetapkan pada 18 Juli 2024 oleh Presiden Jokowi. Usai pembacaan Keppres tersebut, Presiden Jokowi memimpin pembacaan sumpah jabatan yang kemudian ditirukan oleh Thomas.

"Demi Tuhan saya berjanji, bahwa saya akan setia kepada UUD 1945. Serta akan menjalankan segara peraturan perundangan-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tangung jawab," demikian bunyi sumpah jabatan yang diucapkan Thomas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Thomas Djiwandono Jadi Wakil Menkeu II, Sri Mulyani: Selamat Datang Tommy...", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2024/07/18/170901026/thomas-djiwandono-jadi-wakil-menkeu-ii-sri-mulyani-selamat-datang-tommy.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm