Ilustrasi penerbangan, tiket pesawat.
Ilustrasi penerbangan, tiket pesawat. ( SHUTTERSTOCK/ANDREW ANGELOV)

Sistem Layanan di Bandara Sudah Kembali Normal Mulai Hari Ini, AirAsia: Tapi Masih Lambat

22 Juli 2024 14:19 WIB

SonoraBangka.ID - Sistem layanan check-in di bandara dari maskapai AirAsia Indonesia telah kembali normal mulai hari ini, Minggu (21/27/2024). Namun prosesnya masih lambat karena sistem IT maskapai masih belum stabil 100 persen.

Hal ini setelah pada Jumat (19/7/2024) kemarin sempat mengalami gangguan akibat sistem Windows milik Microsoft mengalami gangguan secara global yang menyebabkan maskapai harus melayani penumpang secara manual pada proses check-in di bandara.

"Sebetulnya dari pagi sudah normal, hanya kadang-kadang prosesnya masih lambat," ujar Head of Indonesia Affairs and Policy Indonesia AirAsia Eddy Krismeidi, Minggu (21/7/2024).

Lantaran sistem masih belum pulih 100 persen, dia mengimbau para penumpang untuk melakukan perjalanan ke bandara lebih awal agar tidak terlambat melakukan check-in.

Namun dia menyebut, antrean penumpang di bandara pada hari ini tidak sepadat saat Jumat dan Sabtu kemarin saat pelayanan masih dilakukan secara manual.

"Kita menghimbau penumpang untuk datang lebih awal, 3 jam sebelum jam keberangkatan," ucapnya.

Ditargetkan Pulih 100 Persen Besok

Dia memperkirakan, sistem IT AirAsia Indonesia akan pulih sepenuhnya pada Senin (22/7/2024) besok sehingga dipastikan pelayanan di bandara dapat segera berjalan normal.

"Kita targetkan besok sepenuhnya pulih," kata Eddy.

Sebagai informasi, jutaan pengguna perangkat dengan sistem operasi Windows di seluruh dunia mengalami gangguan atau eror sejak Jumat (19/7/2024) kemarin.

Tampilan sistem Windows menampilkan latar belakang biru dan keterangan teks yang menunjukkan gangguan, sehingga meminta pengguna untuk restart. Tampilan itu juga disebut Blue Screen of Death (BSOD).

Masalah ini membuat sistem Windows tidak bekerja, atau membuat perangkat restart sendiri. Sejumlah pengguna dari berbagai negara juga melaporkan masalah yang sama di media sosial X (dahulu Twitter).

Gangguan ini memengaruhi sejumlah lembaga dan organisasi termasuk bank hingga sektor penerbangan di berbagai negara.

Sementara di Indonesia, gangguan ini berdampak pada layanan maskapai Citilink, Scoot Airlines, AirAsia dan Indigo. Meski begitu, kondisi gangguan IT ini tidak mengganggu operasional operator penerbangan seperti PT Angkasa Pura Indonesia dan Airnav Indonesia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sistem Layanan di Bandara Sudah Kembali Normal Mulai Hari Ini, AirAsia: Tapi Masih Lambat", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2024/07/21/200000526/sistem-layanan-di-bandara-sudah-kembali-normal-mulai-hari-ini-airasia--tapi?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm