Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi meresmikan layanan buy the service (BTS) Biskita Trans Depok yang terintegrasi dengan Stasiun LRT Harjamukti, Minggu (14/7/2024)(KOMPAS.com/ RUBY RACHMADINA)
Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi meresmikan layanan buy the service (BTS) Biskita Trans Depok yang terintegrasi dengan Stasiun LRT Harjamukti, Minggu (14/7/2024)(KOMPAS.com/ RUBY RACHMADINA) ( KOMPAS.COM)

Menhub Dorong untuk Penelitian Baterai EV: Langkah Besar Menuju Kendaraan Listrik Murah

22 Juli 2024 15:24 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berharap agar ekosistem atas baterai untuk kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) bisa dikembangkan di dalam negeri.

Langkah tersebut sebagai upaya mendorong industri otomotif di dalam negeri memiliki berdaya saing tinggi. Mengingat, harga dari komponen baterai sangatlah mahal mencakup 30-40 persen keseluruhan harga EV.

"Selain impor baterai dari negara lain, tugas kita adalah melakukan penelitian yang komprehensif," katanya ketika mengunjungi GIIAS 2024 di ICE BSD, Tangerang, Minggu (22/7/2024).

"Karena itu, Pemerintah telah bekerja sama dengan perguruan tinggi untuk dapat menciptakan baterai kendaraan listrik yang lebih ekonomis dan tahan lama,” lanjut Budi.

Tidak sampai di sana, ia juga mengharapkan perkembangan EV yang sangat agresif di Indonesia bisa terus meningkat guna menekan polusi Udara.

Terlebih, apabila kendaraan dimaksud digunakan sebagai alat transportasi umum yang dipakai orang banyak.

“Satu hal yang tak kalah penting, tingkat polusi udara di Indonesia juga dapat ditekan dengan masifnya penggunaan kendaraan listrik,” katanya.

"Pemerintah telah menerbitkan berbagai regulasi dan kebijakan guna mendukung percepatan program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) untuk transportasi jalan," ucap Budi.

Adapun dukungan yang diberikan oleh Kementerian Perhubungan adalah melalui kebijakan insentif fiskal untuk tarif uji tipe dan tarif Sertifikat Uji Tipe, baik untuk KBLBB baru maupun kendaraan hasil konversi.

Dalam kesempatan itu, Menhub juga mengajak masyarakat agar menggunakan angkutan umum dapat terus meningkat seiring hadirnya bus-bus yang makin berkualitas.

“Secara garis besar, bus-bus yang dipamerkan di GIIAS 2024 menurut saya sudah sangat bagus, lengkap dengan fitur-fitur yang menarik," kata dia.

"Saya berharap kondisi ini dapat mendorong masyarakat untuk beralih menggunakan transportasi umum, baik itu angkutan umum perkotaan atau angkutan antar kota,” katanya.

Menurut Budi, sebagian besar dari masyarakat Indonesia pada dasarnya sangat senang dan antusias dengan keberadaan bus-bus yang tampilannya bagus serta mengutamakan keselamatan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menhub Dorong Penelitian Baterai EV: Langkah Besar Menuju Kendaraan Listrik Murah", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/07/22/072200815/menhub-dorong-penelitian-baterai-ev-langkah-besar-menuju-kendaraan-listrik.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm