Ilustrasi puding lumut untuk ide menu takjil dingin.
Ilustrasi puding lumut untuk ide menu takjil dingin. ( DOK.SHUTTERSTOCK/Agnes Lisa Marlina)

Sajian Dingin untuk Tamu, Berikut Cara Membuat Puding Kentang

23 Juli 2024 17:29 WIB

SonoraBnagka.id - Kentang tak hanya bisa dimasak jadi camilan gurih seperti kroket atau schotel, tapi juga camilan dingin nan manis seperti puding. Resep ini menggunakan bubuk agar-agar putih dan essence pandan. Untuk rasa manisnya, ada gula dan kental manis.  Berikut resep dan cara membuatnya berdasarkan buku "Variasi Olahan Kentan Favorit" karya Dapur Koki Hoki (2017) terbitan Koki Hoki.

Resep puding kentang

Bahan:

2 buah kentang (kukus, lumatkan)

2 bungkus agar-agar putih 800 ml santan

200 gr gula pasir

1 sdt essence pandan

100 ml kental manis

Garam secukupnya

2 butir kuning telur (kocok lepas)

Cara membuat puding kentang

1. Masukkan santan, gula, garam, dan agar-agar ke panci. Aduk mengikuti arah jarum jam supaya santan tidak pecah. Aduk sampai mendidih, tuang essence pandan.

2.Tuang kental manis, kuning telur, dan kentang. Aduk rata.

3. Tuang adonan ke cetakan puding, dinginkan. Hidangkan jika sudah mengeras.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Puding Kentang, Sajian Dingin untuk Tamu", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2024/07/23/091846575/resep-puding-kentang-sajian-dingin-untuk-tamu.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm