Tak hanya apik dari sisi eksterior, All-new KONA Electric pun hadir dengan ruang kabin yang memaksimalkan kenyamanan pengguna selama berkendara. (Dok. Hyundai Indonesia)
Tak hanya apik dari sisi eksterior, All-new KONA Electric pun hadir dengan ruang kabin yang memaksimalkan kenyamanan pengguna selama berkendara. (Dok. Hyundai Indonesia) ( KOMPAS.COM)

Hyundai Tahan Kenaikan Untuk Harga Mobil Baru sampai Akhir 2024

23 Juli 2024 20:37 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita meminta pabrikan otomotif di Indonesia menahan harga jual kendaraan untuk sementara.

Imbauan itu disampaikan karena kinerja penjualan mobil baru yang melemah pada semester I-2024. Kenaikan harga kendaraan dikhawatirkan bakal membuat penjualan semakin anjlok.

"Pada dasarnya kita pemerintah minta supaya produsen jangan lagi atau jangan dulu menaikkan harga karena sekarang pasar lagi lesu," ucap Agus di ICE BSD, Kamis (18/7/2024).

"Daya beli lagi lesu dan ini ada kaitan dengan dalam tanda petik tingginya nilai dollar AS. Jadi kita minta agar produsen menahan diri untuk menaikkan harga dari masing-masing produksi," tegasnya.

Menanggapi pernyataan tersebut, Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Fransiscus Soerjopranoto mengatakan, perusahaan bakal menahan harga sampai akhir tahun 2024.

“Hyundai memang tidak pernah naikkan harga, walaupun tekanan dollar AS tinggi sampai Rp 16.000 lebih. Tapi kami tetap tahan harganya enggak naik, mungkin sampai akhir tahun kami akan bertahan,” ujar Frans di Tangerang (22/7/2024).

“Berlaku untuk semua model, ICE sama EV, termasuk produk CBU kami tahan semua. Jadi jangan khawatir,” kata dia.

Menurutnya, ada beberapa alasan yang membuat dapat mempertahankan harga jual mobil baru sampai akhir tahun.

“Yang pertama pastinya kan ada perlindungan dollar AS, yang kedua manufaktur ada cost reduction, aktivitas improvement yang mereka lakukan,” ucap Frans.

“Tapi buat saya, Hyundai itu mau jaga supaya pasar itu sekarang yang sudah turun 15 retail sales, 20 persen wholesales itu turunnya enggak dalam banget. Jadi sangat sepakat dengan yang dikasih tahu Pak Agus Gumiwang bahwa kalau harganya enggak naik,” ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hyundai Tahan Kenaikan Harga Mobil Baru sampai Akhir 2024", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/07/23/082200315/hyundai-tahan-kenaikan-harga-mobil-baru-sampai-akhir-2024.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm