Hyundai Kona Electric pakai baterai mobil listrik buatan LG-Hyundai(Kompas.com/Ruly)
Hyundai Kona Electric pakai baterai mobil listrik buatan LG-Hyundai(Kompas.com/Ruly) ( KOMPAS.COM)

Hyundai Pastikan Untuk Kehadiran Mobil Listrik Murah di RI

24 Juli 2024 21:20 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah President Director PT Hyundai Indonesia Motors (HMID) Woojune Cha mengakui bahwa persaingan mobil ramah lingkungan di pasar dalam negeri kini semakin ketat.

Terlebih setelah kedatangan produsen mobil asal China diikuti Vietnam melalui VinFast dengan memanfaatkan sejumlah insentif pemerintah.

"Tahun ini pasar sangat ketat sehingga persaingannya semakin keras. Saya pikir tren tersebut akan berlanjut," katanya saat ditemui Kompas.com di GIIAS 2024, BSD City, Tangerang, belum lama ini.

Menanggapi kondisi tersebut, Woojune Cha memastikan ke depan bakal menghadirkan 'mobil listrik murah' yang bisa diserap masyarakat lebih luas.

Mengingat saat ini produk ramah lingkungan dari Hyundai masih menyasar segmen menengah ke atas dengan rentang harga Rp 500 juta sampai Rp 1,3 miliar.

Produk dimaksud adalah Kona Electric, Ioniq, Ioniq 5, Ioniq 6, dan yang paling baru Ioniq 5 N.

"Iya, setelah produk ini (Kona Electric). Mungkin saja tiga tahun mendatang," jelasnya.

Hal serupa juga disampaikan Chief Operating Officer HMID, Fransiscus Soerjopranoto saat ditemui redaksi di kesempatan berbeda.

Meski demikian, mereka belum mau bicara lebih jauh mengenai model kendaraan dimaksud.

"Gak usah dua tahun, tiga tahun ke depan, tahun depan. Kita akan studi lebih banyak produk, lebih banyak varian untuk konsumen di Indonesia," ucapnya.

"Karena kita endingnya itu bagaimana menghadirkan produk baru agar pasar bisa di atas dari 1 juta. Apalagi kita sudah punya pabrik baterai sendiri," tutup Frans.

Kehadiran mobil listrik terjangkau dari Hyundai sebenarnya sudah tercium beberapa waktu belakangan setelah dihadirkannya Casper Electric. Kendaraan ini mengisi segmen sub-compact A dengan harga Rp 350 jutaan.

Tapi hal itu sampai sekarang masih jadi rumor saja karena untuk mendatangkan bahkan memproduksi lokal suatu produk, perusahaan harus melakukan sejumlah studi supaya langkah yang diambil tepat sasaran.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hyundai Pastikan Kehadiran Mobil Listrik Murah di RI", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/07/24/070200315/hyundai-pastikan-kehadiran-mobil-listrik-murah-di-ri.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm