Ilustrasi handuk mandi, handuk yang lembut. (SHUTTERSTOCK/OLEGRI)
Ilustrasi handuk mandi, handuk yang lembut. (SHUTTERSTOCK/OLEGRI) ( KOMPAS.COM)

Apakah Harus Mencuci Handuk Baru Terlebih Dulu Sebelum Dipakai?

28 Juli 2024 18:53 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Handuk baru selalu hadir dengan kemewahan dan kenyamanan sehingga banyak yang ingin langsung memakainya.

Meskipun Anda mungkin berpikir, handuk baru, tentu aman untuk langsung digunakan, namun mencucinya terlebih dulu adalah pilihan yang lebih cerdas.

Owner & CEO of Laundry Basket, LLC Hyacinth Tucker mengatakan meskipun tampak aman untuk digunakan langsung dari toko, handuk baru dapat menyembunyikan debu, partikel, dan bakteri.

“Hal ini berlaku untuk semua handuk mulai dari handuk mandi, handuk tangan, dan handuk dapur," kata Tucker seperti dikutip dari laman The Spruce.

Meskipun handuk Anda tidak dibuat dengan bahan kimia atau pelapis khusus, sebaiknya Anda tetap mencucinya untuk menghilangkan kemungkinan kontaminan lainnya.

Handuk tersebut tentu sudah dipegang oleh banyak tangan pekerja mulai dari pekerja pabrik, kurir pengiriman, karyawan toko, hingga pelanggan yang mungkin telah menyentuh handuk tersebut.

Kalau Anda punya handuk berwarna, cucilah secara terpisah selama pencucian pertama untuk mencegah luntur dan mempertahankan warnanya yang cerah.

Memang banyak handuk berwarna memiliki kualitas baik yang sudah diolah atau dicuci terlebih dahulu untuk meminimalkan luntur pada pencucian berikutnya. Tetapi pencucian awal secara terpisah tetap merupakan praktik terbaik.

Deterjen biasa baik untuk mencuci handuk tetapi gunakan sekitar setengah dari jumlah yang disarankan untuk menghindari penumpukan residu.

Menambahkan ½ hingga 1 cangkir cuka putih selama siklus pembilasan juga membantu menghilangkan bau dan residu, membuat handuk lebih lembut.

Untuk handuk putih, gunakan klorin atau pemutih yang aman untuk permukaan kain yang lembut.

Bila Anda ingin menjaga serat handuk dan membuatnya tetap lembut selama mungkin, keluarkan handuk pengering sesegera mungkin untuk mencegah timbulnya jamur atau bau apek.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Haruskah Mencuci Handuk Baru Terlebih Dulu Sebelum Dipakai?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/properti/read/2024/07/28/151415621/haruskah-mencuci-handuk-baru-terlebih-dulu-sebelum-dipakai.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm