Ilustrasi pallu butung khas Sulawesi Selatan yang bisa kamu sajikan untuk menu takjil.
Ilustrasi pallu butung khas Sulawesi Selatan yang bisa kamu sajikan untuk menu takjil. ( (DOK.SHUTTERSTOCK/yohanes_setiyanto)

Bikin Pakai Pisang Kepok, Berikut Cara Membuat Es Palubutung

1 Agustus 2024 06:07 WIB

SonoraBangka.id - Tidak perlu jauh jauh terbang ke Makassar untuk menyantap legitnya es palubutung, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan bahan untuk membuat es palubutung mudah ditemui di pasaran, di antaranya ada tepung beras, pisang kepok, santan, sirop merah, dan daun pandan. Sebaiknya tambahkan es serut sesaat sebelum es palubutung disantap supaya rasanya tidak hambar karena es yang terlanjur mencair.

Resep es palubutung

selengkapnya bisa ditiru dalam buku "Aneka Minuman Khas Daerah" karya Westriningsih (2018) terbitan Saka Mitra Kompetensi:

Bahan es palubutung:

100 gram tepung beras

8 buah pisang kepok (rebus lalu potong-potong)

800 mililiter santan

200 mililiter sirop merah

4 lembar daun pandan

Garam secukupnya

Es serut secukupnya 

Cara membuat es palubutung:

1. Campur tepung beras, santan, daun pandan, dan garam, lalu masak di dalam panci sembari terus diaduk sampai adonan kental. Masak menggunakan api kecil, jika bubur sudah kental, matikan api kompor.

2. Siapkan gelas saji, isi gelas dengan bubur tepung beras dan potongan pisang, lalu tambahkan es serut dan sirop merah. Sajikan dan santap es palubutung segera.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Es Pallu Butung Khas Makassar, Bikin Pakai Pisang Kepok", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2024/07/29/103100075/resep-es-pallu-butung-khas-makassar-bikin-pakai-pisang-kepok.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm