Rancangan Perubahan Kebijakan Anggaran Tahun 2024 Pemkab Bangka Tengah
Rancangan Perubahan Kebijakan Anggaran Tahun 2024 Pemkab Bangka Tengah ( Diskominfosta Bangka Tengah)

Penyampaian Rancangan Perubahan Kebijakan Anggaran Tahun 2024 Pemkab Bangka Tengah

2 Agustus 2024 11:16 WIB

SonoraBangka.id - Rapat Paripurna dengan agenda Penyampaian Rancangan Perubahan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Perubahan APBD Tahun Anggaran 2024 digelar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) di Ruang Rapat Paripurna DPRD Bateng, Rabu (31/07/2024).

Rapat paripurna yang dipimpin oleh Wakil Ketua I DPRD Bateng, Batianus, dihadiri oleh Wakil Bupati (Wabup) Bangka Tengah (Bateng), Era Susanto, jajaran Forkopimda Bateng, Sekretaris Daerah Bateng, Kepala OPD di lingkungan Pemkab Bateng, serta tokoh masyarakat dan organisasi masyarakat.

Dalam penyampaiannya, Era Susanto, menjelaskan perubahan kebijakan umum anggaran ini dimaksudkan sebagai pedoman bagi perangkat daerah untuk menyusun anggaran yang akan dialokasikan dalam perubahan anggaran tahun berjalan.

"Penyusunan perubahan ini tujuannya untuk menampung perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi KUA, adanya pergeseran anggaran antar organisasi, antar program dan kegiatan, penggunaan SiLPA tahun 2023, pendanaan keadaan darurat, keperluan mendesak, dan perubahan target pendapatan daerah," ujar Era.

Dilanjutkan Wabup, penyusunan perubahan KUA tahun anggaran 2024 merupakan kebijakan daerah untuk memenuhi sasaran pembangunan sebagai pedoman dalam menyusun raperda tentang perubahan APBD Kabupaten Bangka Tengah tahun 2024.

Menurutnya, meningkatnya kebutuhan pendanaan program-program prioritas pembangunan menjadi momentum bagi Pemerintah Daerah untuk melakukan reformasi belanja daerah sebagai upaya penguatan efisiensi untuk belanja kebutuhan dasar, dan efektivitas belanja daerah.

"Kita perlu menerapkan strategi pencapaian yang memuat langkah konkrit dalam mencapai target kondisi ekonomi makro daerah melalui penyesuaian dan perubahan asumsi penyusunan APBD, perubahan kebijakan pendapatan, perubahan kebijakan belanja, dan perubahan kebijakan pembiayaan daerah," jelas Era.

Setelah memaparkan penyampaian Rancangan Perubahan KUA, Wakil Bupati Bateng, Era Susanto menyerahkan dokumen rancangan tersebut dan diterima langsung oleh Wakil Ketua I DPRD Bateng, Batianus.

"Kami telah menerima rancangan perubahan KUA ini dan dilakukan pembahasan secara bersama oleh tim dan kita berharap efisiensi penggunaan anggaran dalam menentukan skala prioritas pembangunan dapat terlaksana dengan baik," ujarnya.

Terkait dengan penyampaian rancangan perubahan KUA ini, Batianus mengharapkan agar rancangan perubahan KUA ini dapat terlaksana secara tertib, serta memperhatikan skala prioritas pembangunan yang ada di Bangka Tengah.

Artikel ini telah terbit di https://bangkatengahkab.go.id/berita/detail/kominfo/pemkab-bangka-tengah-sampaikan-rancangan-perubahan-kebijakan-anggaran-tahun-2024

Sumberbangkatengahkab.go.id
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm