Polda Banten bongkar pabrik oli palsu di Kabupaten Tangerang, Banten.(KOMPAS.COM/RASYID RIDHO)
Polda Banten bongkar pabrik oli palsu di Kabupaten Tangerang, Banten.(KOMPAS.COM/RASYID RIDHO) ( KOMPAS.COM)

Kenali Untuk Ciri Oli Motor Palsu dan Dampak Penggunaanya

3 Agustus 2024 20:05 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Oli motor memiliki peran penting dalam menjaga performa mesin karena selain menjadi pelumas yang mengurangi gesekan antar komponen, juga berguna sebagai pendingin suhu mesin.

Tapi, seringkali ditemukan oknum nakal dan tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan celah ini untuk mengedarkan oli motor palsu.

Padahal, penggunaan oli palsu bisa sangat merugikan, mulai dari penurunan performa kendaraan dan kerusakan pada komponen mesin.

Edi, Kepala Bengkel Honda AHASS Kalioso, Karanganyar, mengatakan, menggunakan oli palsu tidak langsung berdampak pada mesin.

“Pemakaian oli palsu tidak berdampak langsung pada mesin, akan tetapi keausan komponen mesin akan lebih cepat,” kata Edi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Edi juga mengatakan, penggunaan oli palsu juga bisa membuat suhu mesin cepat panas dan suara mesin jadi kasar.

“Suhu mesin akan lebih cepat panas dan suara mesin menjadi lebih kasar karena kandungan zat aditif pada oli sudah hilang,” kata Edi.

Selain itu, Edi memberikan ciri-ciri oli palsu yang bisa ditandai oleh para pemilik sepeda motor, yaitu:

  • Batch number atau deretan nomor yang terdapat di leher botol dan tutup botol tidak presisi, tidak rapi dan tidak sejajar
  • Segel tutup botol tidak rapi , mudah di buka
  • Stiker botol oli cenderung lebih kusam atau mudah luntur
  • Hologram logo tidak terlihat jelas apabila terkena sinar matahari
  • Terdapat endapan kotoran dalam botol

Dengan memperhatikan ciri-ciri tersebut, pemilik sepeda motor dapat lebih waspada sehingga bisa menghindari risiko yang ditimbulkan dari oli palsu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenali Ciri Oli Motor Palsu dan Dampak Penggunaanya", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/08/03/090200315/kenali-ciri-oli-motor-palsu-dan-dampak-penggunaanya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm