Ilustrasi sambal kecap.
Ilustrasi sambal kecap. ( Dok. Shutterstock/Wisnu Bangun Saputro)

Sedap Jadi Cocolan Tahu Goreng atau Ikan Bakar, Berikut Cara Membuat Sambal Kecap

8 Agustus 2024 06:38 WIB

SonoraBangka.id -  Sambal kecap pas jadi cocolan berbagai lauk dan camilan, misalnya ikan bakar, ayam bakar, tahu goreng, dan tempe goreng.  Sambal kecap umumnya memiliki rasa manis, asin, asam, dan segar berkat aneka bahan yang ada. Beberapa di antaranya, bawang merah, cabai keriting, cabai rawit, tomat, jeruk limau, dan kecap manis.  Jika mencari resep sambal kecap, simak selengkapnya dari buku "Menu Rumahan Lezat & Praktis" karya Naning Sudarsono (2013) terbitan Puspa Swara.

Resep sambal kecap

Bahan:

4 buah bawang merah (potong dadu)

4 buah cabai keriting merah (iris)

3 buah cabai rawit merah (iris)

3 buah cabai rawit hijau (iris)

1 buah tomat (sisihkan isinya, potong kotak-kotak)

2 buah jeruk limau (peras airnya)

100 ml air panas

6 sdm kecap manis

Cara membuat sambal kecap

1. Masukkan seluruh bahan ke wadah, aduk sampai rata. Sajikan bersama lauk dan camilan lainnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Sambal Kecap, Sedap Jadi Cocolan Tahu Goreng atau Ikan Bakar", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2024/08/07/203800575/resep-sambal-kecap-sedap-jadi-cocolan-tahu-goreng-atau-ikan-bakar.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm