Ilustrasi roti dengan olesan selai srikaya pandan.
Ilustrasi roti dengan olesan selai srikaya pandan. ( SHUTTERSTOCK/FAVORITE FLAVORS)

Cocok Jadi Olesan Roti Tawar, Berikut Resep Selai Srikaya Pandan

8 Agustus 2024 07:18 WIB

SonoraBangka.id -  Selai srikaya pandan cocok menjadi olesan roti tawar, bisa juga jadi isian roti kukus. Rasanya manis dan teksturnya kental.  Jika sebelumnya kerap membeli selai srikaya pandan di pasaran, kali ini buatlah selai sendiri di rumah sehingga kadar manisnya bisa disesuaikan. Meskipun namanya srikaya, bahan-bahan selai ini tidak mengandung buah srikaya. Melainkan, terdiri dari santan kental, gula pasir, air daun pandan, dan telur ayam. Simak resep dan cara membuat selai srikaya pandan berikut ini, dilansir dari buku "Seri Masak Femina - Dapur Utama: Pintar Masak 4: Selai & Acar" karya Tim Boga Femina (2019) terbitan PT Gaya Favorit Press.

Resep selai srikaya pandan

Bahan:

600 ml santan kental dari

2 butir kelapa parut

500 gr gula pasir

200 ml air daun pandan

8 kuning telur ayam

Cara membuat selai srikaya pandan

1. Masukkan seluruh bahan ke panci, masak menggunakan api kecil dan aduk secara pelan sampai teksturnya mengental. Jangan sampai santannya pecah. Angkat.

2. Masukkan campuran tersebut ke dalam stoples kaca, biarkan dingin pada suhu ruangan. Tutup stoples dengan rapat. 

3. Simpan stoples selai srikaya pandan dalam kulkas, keluarkan jika dibutuhkan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Selai Srikaya Pandan, Cocok Jadi Olesan Roti Tawar", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2024/08/06/071500975/resep-selai-srikaya-pandan-cocok-jadi-olesan-roti-tawar.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm