Ilustrasi nasi goreng jawa.
Ilustrasi nasi goreng jawa. ( Dok. Shutterstock/Gogor Seta Dewa)

Lezat dan Autentik, Berikut 10 Cara Membuat Nasi Goreng Jawa

11 Agustus 2024 07:19 WIB

SonoraBangka.id - Ingin tahu rahasia membuat nasi goreng Jawa yang super enak? 8 cara jitu untuk membuat nasi goreng Jawa yang tak kalah enak dengan buatan pedagang kaki lima favoritmu. Rasakan sensasi cita rasa Indonesia yang kaya akan rempah-rempah dalam setiap suapannya dalam kumpulan resep berikut ini.

1. Resep Nasi Goreng Jawa Autentik

Nasi goreng Jawa adalah sajian yang selalu bisa dinikmati kapan saja. Cara membuatnya cukup sederhana dan mudah diikuti. Bumbu utama yang digunakan antara lain bawang putih, bawang merah, cabai merah, biji ketumbar, terasi, dan garam. Hidangan ini semakin nikmat jika disajikan dengan telur dadar goreng, mentimun, tomat, bawang goreng, dan kerupuk melinjo. 

2. Resep Nasi Goreng Jawa Khas Solo

Nasi goreng Jawa khas Solo menawarkan cita rasa yang berbeda dengan bumbu khas seperti terasi, bawang putih, cabai rawit merah, kecap manis, dan merica. Menu ini biasanya disajikan dengan tambahan kerupuk bawang, telur, dan suwiran ayam kampung. Nasi goreng ini menjadi pilihan sarapan praktis yang memanjakan lidah.

3. Resep Nasi Goreng Jawa dengan Nasi Pulen

Salah satu keunikan dari nasi goreng Jawa adalah penggunaan nasi yang pulen, berbeda dengan nasi goreng biasa yang lebih pera. Selain itu, nasi goreng Jawa asli sering kali dimasak menggunakan anglo bara, sehingga menghasilkan aroma yang khas dan menggugah selera. 

4. Resep Nasi Goreng Jawa untuk Makan Malam

Untuk makan malam, nasi goreng Jawa ala kaki lima ini bisa menjadi pilihan tepat. Bumbu yang digunakan meliputi bawang merah, bawang putih, ketumbar, kecap manis, cabai merah, gula, dan garam. Daging sapi dan udang dapat dijadikan pilihan isian, dan disajikan dengan telur dadar, kerupuk udang, serta mentimun. 

5. Resep Nasi Goreng Jawa yang Pas untuk Segala Waktu

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm