Ilustrasi rest area di jalan tol(Dok. Jasa Marga)
Ilustrasi rest area di jalan tol(Dok. Jasa Marga) ( KOMPAS.COM)

Ingat, Parkir di Rest Area Jangan Meninggalkan Barang Berharga

12 Agustus 2024 21:32 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kejadian kemalingan di rest area jalan tol kembali terjadi. Bahkan, insiden seperti ini rupanya sudah menimpa banyak korban.

Dari sekian banyak kejadian, satu hal yang bisa disimpulkan adalah keadaan mobil yang sama-sama ditinggal dengan barang berharga di dalamnya.

Seperti diketahui, modus pencurian di rest area dapat dilakukan dalam sekejap. Bahkan saat mobil ditinggal cuma beberapa saat oleh pemiliknya.

Meskipun beberapa rest area menyediakan kamera CCTV untuk mengawasi kondisi sekitar. Tapi maling selalu punya cara untuk melancarkan aksinya.

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), mengatakan, cara paling tepat untuk menghindari pencurian di rest area ialah tindakan preventif.

Tindakan preventif maksudnya adalah pemilik tidak mengundang kejahatan dengan tidak menaruh barang berharga di mobil.

Jika terpaksa untuk meninggalkan barang berharga, maka Jusri menyarankan pemilik kendaraan untuk menyimpan barang berharganya di tempat yang tersembunyi, misalnya di bawah kursi penumpang.

"Semua barang berharga jangan pernah ditinggal. Bila tidak memungkinkan untuk dibawa, letakan di tempat yang tersembunyi,” ucap Jusri, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

“Intinya, jangan mencolok atau mengundang perhatian dari luar kabin," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ingat, Parkir di Rest Area Jangan Tinggalkan Barang Berharga", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/08/12/081200115/ingat-parkir-di-rest-area-jangan-tinggalkan-barang-berharga.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm