Suasana di rest area Km 57 jalan tol Jakarta - Cikampek, Kamis (4/4/2024) siang.(KOMPAS.COM/FARIDA)
Suasana di rest area Km 57 jalan tol Jakarta - Cikampek, Kamis (4/4/2024) siang.(KOMPAS.COM/FARIDA) ( KOMPAS.COM)

Waspada Mobil Rawan Kemalingan, Begini Untuk Tips Berhenti di Rest Area

12 Agustus 2024 21:48 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Belum lama ini sebuah video viral memperlihatkan pengguna mobil kemalingan di rest area Cibubur Square Km 10A Tol Jagorawi.

Padahal pemilik mobil telah mengunci semua pintu. Dan anehnya, mobil yang dibobol tidak mengalami kerusakan apapun.

“SHOCK setelah baca komentar video yang viral kemarin, korbannya udah banyaaaaak banget! Kawal sampe tuntas!” tulis keterangan pada video yang diunggah akun Instagram @elyellee, dilansir pada Minggu (11/8/2024).

Pada keterangan juga dituliskan bahwa pihak rest area tidak memiliki kamera pengawas alias CCTV. Sehingga, tidak bisa diketahui detail kejadian maling membobol mobil tersebut.

Menanggapi kejadian ini, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, idealnya pengendara tidak membawa barang-barang berharga di dalam kabin.

"Mau disembunyikan atau dikasih kaca gelap pun tidak pengaruh. Semakin gelap, semakin membuat penjahat penasaran. Asumsinya, pasti ada barang berharga di dalamnya," ujar Sony, kepada Kompas.com belum lama ini.

"Saat istirahat di rest area, bawa atau tidak bawa barang berharga, jaga mobil bergantian atau istirahat di dekat kendaraan yang mudah terlihat," kata dia.

Sony menambahkan, kejahatan sekarang sudah tidak terduga. Banyak penjahat yang tidak cuma mengambil barang di dalam kabin, tapi juga pelek dan ban yang terpasang.

Untuk mengantisipasi kejadian mobil kemalingan, bisa juga dengan memarkir kendaraan di dekat pos satpam atau memasang alarm. Sehingga, kalau ada yang membuka pintu secara paksa, akan memicu alarm untuk menyala.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Waspada Mobil Rawan Kemalingan, Begini Tips Berhenti di Rest Area", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/08/12/091200415/waspada-mobil-rawan-kemalingan-begini-tips-berhenti-di-rest-area.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm