Pulser ring pada rem ABS sepeda motor(Dok. DAM)
Pulser ring pada rem ABS sepeda motor(Dok. DAM) ( KOMPAS.COM)

Banyak Kecelakaan, Idealnya Untuk Motor 125 cc Sudah Pakai ABS

17 Agustus 2024 19:33 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Ketua Subkomite Lalu Lintas Angkutan Jalan Komite KNKT Ahmad Wildan, ingin agar sepeda motor di Indonesia wajib pakai piranti anti-lock braking system (ABS).

Wildan mengatakan, saat ini pihaknya masih menggodok wacana perubahan PP 55 Tahun 2012 tentang kendaraan, yang mana salah satunya di dalam wacana itu soal motor wajib pakai piranti ABS.

Wildan mengatakan, secara pribadi dia ingin bukan hanya motor berkapasitas besar yang memakai ABS tapi juga motor-motor kecil bahkan mulai dari kubikasi 125 cc.

“Buat apa kami mengatur yang 250 cc karena hampir semua yang 250 cc itu sudah pakai (ABS). Kalau saya lebih cenderung yang diatur ialah yag belum, yaitu 125 cc bahkan,” ujar Wildan kepada Kompas.com belum lama ini.

“Iya karena banyak (motor) 125 cc yang jalannya cepat. (Honda) Vario saja 125 cc bisa lari 80 Kpj, di jalanan biasa itu direm mendadak akan selip jika tidak pakai ABS,” katanya.

Wildan juga menyoroti mengenai peraturan baru di Malaysia. Mulai 1 Januari 2025, semua motor baru berkapasitas 150 cc ke atas yang dijual di Malaysia harus pakai ABS. Padahal sebelumnya cuma untuk motor 250 cc ke atas.

“Kalau bicara motor di atas 250 cc semua sudah hampir pakai ABS karena dia menyesuaikan dengan (kemampuan motornya) jadi sia-sia, kami tidak mau usulkan regulasi yang secara ekosistem mereka sudah menggunakan,” ujarnya.

Meski demikian, Wildan belum bisa kapan wacana perubahan PP 55 Tahun 2012 tersebut akan diajukan ke DPR.

“Itu Prolegnas (Program Legislasi Nasional), peraturan pemerintah jadi harus ke DPR," katanya.

"Ini masih dalam bentuk konsep RPP (Rancangan Peraturan Pemerintah), konsepnya. Ini belum maju ke DPR, belum, baru inisiatif dari pemerintahnya mengajukan ke DPR dan ini masih menggalang info, masukan-masukan,” ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Banyak Kecelakaan, Idealnya Motor 125 cc Sudah Pakai ABS", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/08/17/080200715/banyak-kecelakaan-idealnya-motor-125-cc-sudah-pakai-abs.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm