Honda Vario 110(KompasOtomotif)
Honda Vario 110(KompasOtomotif) ( KOMPAS.COM)

Kenali Untuk Penyebab Bunyi Kasar Saat Starter Motor Matik Karbu

20 Agustus 2024 20:40 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Suara kasar yang muncul saat starter motor matik dengan sistem pembakaran karburator, tentu bisa mengganggu kenyamanan pengendara. Kalau tidak segera diatasi, masalah ini dikhawatirkan bisa menyebabkan kerusakan pada komponen lain.

Maka dari itu, penting bagi pemiliknya untuk mengenali dan menangani penyebab suara kasar ini dengan cepat, supaya motor matik tetap dalam kondisi prima saat digunakan.

Andre, Pemilik Bengkel Motor Dhinata Jaya Garage mengatakan, bunyi kasar saat motor matik karbu dinyalakan biasanya karena ada komponen yang aus.

“Itu biasanya pinion gear atau dinamo starternya aus, atau bisa juga karena kurang grease atau gemuk juga bisa,” kata Andre kepada Kompas.com, Senin (19/8/2024).

Andre menjelaskan, kemungkinan yang paling sering menjadi penyebab suara kasar saat distater adalah gear pinionnya sudah aus dan perlu diganti.

Sementara, jika pemiliknya ingin mengakali supaya tidak perlu ganti, bisa saja dilakukan tapi hanya untuk sementara saja dan yang pasti kurang aman.

“Kalau diakali bisa tapi sementara saja, lebih baik diganti kalau lebih amannya,” kata Andre.

Selain itu, Andre mengatakan, komponen tersebut memiliki masa pakai yang perlu diganti ketika sudah aus dan mulai muncul suara kasar.

“Betul ada jangka pakainya, kalau penggantianya itu menurut kondisi partnya. Misal sudah kasar banget bunyi starter maka bisa diganti. Tapi, misal jangka pemakaiannya lama tapi bunyi starter masih halus itu tidak perlu diganti,” kata Andre.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenali Penyebab Bunyi Kasar Saat Starter Motor Matik Karbu", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/08/20/141200415/kenali-penyebab-bunyi-kasar-saat-starter-motor-matik-karbu.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm