ilustrasi rak sepatu(Shutterstock/New Africa)
ilustrasi rak sepatu(Shutterstock/New Africa) ( KOMPAS.COM)

Kenapa Tidak Boleh Simpan Rak Sepatu di Kamar Berdasarkan Feng Shui?

21 Agustus 2024 17:34 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Rak sepatu merupakan salah satu furnitur penyimpanan yang penting. Rak sepatu berfungsi untuk menyimpan alas kaki agar tidak berantakan. Tapi, rak sepatu juga bisa melindungi alas kaki dari debu dan kotoran.

Biasanya, rak sepatu diletakkan di dekat pintu masuk agar mudah dijangkau saat hendak bepergian. Ada juga yang menyimpan rak sepatu di dalam kamar tidur karena keterbatasan ruang atau alasan kepraktisan.

Namun, menurut feng shui, furnitur penyimpanan seperti rak sepatu, seharusnya tidak diletakkan di kamar tidur. Apa alasannya? Dan, di mana seharusnya menyimpan rak sepatu?

Alasan tidak boleh menyimpan rak sepatu di kamar tidur

Feng shui, pada praktiknya, bertujuan untuk mendorong energi baik dan meminimalisasi kehadiran energi buruk. Menurut feng shui, kamar tidur merupakan salah satu ruang yang penataannya sangat penting untuk diperhatikan.

Mengutip Homes & Gardens, feng shui melarang rak sepatu ditaruh di kamar tidur karena dipercaya akan menciptakan medan energi negatif. Ini bisa menciptakan lingkungan tidur yang juga negatif hingga dapat mengganggu istirahat.

Tak cuma itu, feng shui juga tidak menyarankan untuk menyimpan sepatu yang kotor atau rusak di tempat yang mudah terlihat, termasuk di kamar tidur.

Di samping alasan feng shui, menyimpan sepatu yang kotor di dalam kamar tidur bisa membuat kamar menjadi berbau tidak sedap. Bahkan, bakteri atau kuman yang terbawa sepatu bisa menyebar ke benda-benda lain di dalam kamar.

Namun, kalau tidak memungkinkan untuk menyimpan rak sepatu di ruangan lain karena area yang terbatas, kamu bisa memilih rak sepatu dengan desain yang tertutup. Hal ini lebih dapat diterima oleh prinsip feng shui karena model lemari tersebut menjebak energi buruk, sehingga energi tidak menyebar ke lingkungan kamar.

Di mana seharusnya menyimpan rak sepatu?

Mengutip Yin & Yang Living, feng shui menyarankan agar rak sepatu disimpan di dekat pintu masuk. Bukan hanya karena merupakan tempat yang praktis tetapi feng shui percaya bahwa pintu atau tempat energi aktif dan masuk ke dalam rumah.

Tak hanya itu, menurut feng shui, saat kamu melepas sepatu dan meletakkannya di rak, semuanya harus mengarah ke arah luar. Sepatu yang mengarah ke dalam melambangkan peluang yang terlewatkan, sedangkan sepatu yang mengarah ke luar melambangkan peluang terbuka.

Jika ada sepatu yang bau dan kotor, sepatu tersebut harus diletakkan di bagian paling bawah rak. Namun, sebaiknya, bersihkan sepatu terlebih dahulu setiap selesai dipakai dan sebelum dimasukkan ke dalam rak. Hal ini agar bau dan kotorannya tidak menyebar.

Jangan lupa untuk membersihkan rak sepatu secara rutin. Menjaga rak sepatu dan alas kaki tetap bersih dan rapi juga upaya untuk menciptakan feng shui yang baik di rumah, selain memerhatikan penempatannya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenapa Tidak Boleh Simpan Rak Sepatu di Kamar Menurut Feng Shui?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/homey/read/2024/08/21/082800876/kenapa-tidak-boleh-simpan-rak-sepatu-di-kamar-menurut-feng-shui-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm