Ilustrasi mobil bekas banjir.(Otospector)
Ilustrasi mobil bekas banjir.(Otospector) ( KOMPAS.COM)

Kenali Untuk Tanda Mobil Bekas Banjir, Ini Kata Jasa Inspeksi

28 Agustus 2024 21:53 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Membeli mobil bekas memang menghemat biaya, namun ada risiko yang perlu diwaspadai, salah satunya adalah mobil yang pernah terendam banjir.

Mobil yang pernah terendam banjir bisa menyimpan banyak masalah tersembunyi yang tidak terlihat pada pandangan pertama.

Menurut Jeffrey, pemilik layanan inspeksi mobil bekas Otospector, mendeteksi mobil yang pernah terendam banjir memerlukan ketelitian khusus, terutama pada bagian interior.

"Kita di Otospector fokus mendeteksi mobil yang pernah terendam banjir, dan hal ini dapat terlihat dari kondisi interior mobil. Meski sulit mendeteksi mobil yang hanya menerjang banjir, tanda-tanda terendamnya mobil akan tampak dari bagian-bagian tertentu di interior," kata Jeffrey kepada Kompas.com, Selasa (27/8/2024).

Jeffrey menjelaskan bahwa salah satu tanda utama mobil yang pernah terendam banjir adalah adanya karat pada besi-besi di dalam mobil, terutama di bawah jok.

"Salah satu indikasi utama adalah kondisi besi-besi yang ada di dalam mobil, seperti besi di bawah jok. Jika terdapat karat pada besi jok depan kiri dan kanan, ini bisa menjadi tanda bahwa mobil pernah terendam banjir," ujarnya.

Selain itu, Jeffrey menyarankan untuk memeriksa kondisi karpet dan area di bawahnya, karena kelembaban yang tersisa akibat banjir bisa menyebabkan jamur serta bau tidak sedap.

Menurutnya, memeriksa area ini penting karena sering kali jejak banjir tidak sepenuhnya hilang dan meninggalkan bekas yang mencurigakan.

Melakukan inspeksi menyeluruh atau meminta bantuan profesional tentu menjadi salah satu upaya bijak demi terhindar dari risiko kerusakan jangka panjang pada mobil bekas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenali Tanda Mobil Bekas Banjir, Ini Kata Jasa Inspeksi", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/08/28/072200115/kenali-tanda-mobil-bekas-banjir-ini-kata-jasa-inspeksi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm