Ilustrasi cokelat truffle.
Ilustrasi cokelat truffle. ( Dok. Unsplash/Nico Wijaya)

Camilan Sederhana 4 Bahan, Berikut Cara Buat Almond Chocolate Truffle

29 Agustus 2024 08:41 WIB

SonoraBangka.id - Chocolate truffle bisa jadi camilan pilihan jika ingin menyantap sesuatu yang manis tanpa banyak bahan. Kamu pun bisa menyesuaikan tingkat kemanisannya sesuai selera. Chocolate truffle umumnya terbuat dari cokelat yang dilelehkan, dibentuk, lalu diselimuti dengan cokelat bubuk. Chocolate truffle bisa diberi isi sesuai selera, misalnya kacang-kacangan atau buah-buahan kering. Adapun cokelat bubuk yang dijadikan lapisan luar bisa diganti dengan susu cokelat bubuk, khususnya bila kamu tidak menyukai rasa pahit. Untuk resep ini, kamu bisa menggunakan kacang almond (badam) utuh. Simak resep dan cara membuatnya, dikutip dari buku "50 Resep Kue Lezat Tanpa Oven" karya Radiatrini (2017) terbitan Demedia.

Resep almond chocolate truffle

Bahan:

200 gr dark cooking chocolate (cincang kasar)

75 ml whipping cream

100 gr kacang almond utuh

100 gr cokelat bubuk

Cara membuat almond chocolate truffle

1. Panaskan dark cooking chocolate yang sudah dicincang bersama whipping cream dengan cara ditim sampai meleleh. Angkat, biarkan dingin.

2. Masukkan campuran cokelat dan whipping cream tersebut ke kulkas sampai mulai mengeras. Keluarkan, kemudian mikser campuran tersebut sampai melembut dan mengental.

3. Tuang campuran cokelat dan whipping cream ke plastik segitiga. Cetak seukuran satu sendok teh. Masukkan kembali ke kulkas sampai mengeras. 

4. Keluarkan campuran tersebut, isi dengan kacang almond, lalu bulatkan menggunakan tangan. Bolak-balikkan di atas cokelat bubuk. Sajikan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Almond Chocolate Truffle, Camilan Sederhana 4 Bahan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2024/08/27/174051475/resep-almond-chocolate-truffle-camilan-sederhana-4-bahan.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm