Sedan BMW 320i Tahun 2007.(kompas.com)
Sedan BMW 320i Tahun 2007.(kompas.com) ( KOMPAS.COM)

Fakta atau Mitos Merawat Mobil Eropa Lebih Ribet serta Mahal?

29 Agustus 2024 16:14 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Banyak pemilik mobil di Indonesia masih ragu untuk memilih mobil Eropa karena mereka menganggap perawatannya lebih rumit dan mahal dibandingkan dengan mobil Jepang.

Persepsi ini seringkali membuat calon pembeli berpikir dua kali sebelum memutuskan untuk memiliki mobil dari benua biru tersebut. Tapi, apakah benar merawat mobil Eropa lebih sulit?

Menurut Anantyo Herlambang, pemilik bengkel Eurostars x Ping Garage di Jakarta Selatan, perawatan mobil Eropa sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mobil Jepang.

"Enggak. Kurang lebih sama kok dengan mobil Jepang. Mobil Eropa yang agak berbeda di sistem pendinginannya saja," kata Anantyo kepada Kompas.com, Rabu (28/8/2024).

Anantyo menjelaskan bahwa perbedaan yang dimaksud adalah pada sistem pendinginan mobil Eropa, yang cenderung lebih kompleks dan membutuhkan perhatian ekstra.

Sistem pendinginan pada mobil Eropa didesain untuk menahan suhu tinggi, sehingga penting untuk selalu memastikan bahwa sistem ini berfungsi dengan baik.

Meski demikian, Anantyo menekankan bahwa pengecekan ini bukanlah hal yang sulit kalau dilakukan secara rutin dan dengan alat yang tepat.

Ia juga menambahkan bahwa perawatan jangka panjang untuk mobil Eropa sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mobil lainnya.

"Perawatan untuk jangka panjang paling rutin untuk pergantian oli dan servis rutinnya," jelas Anantyo. Namun, ada satu keunggulan yang dimiliki mobil Eropa dibandingkan mobil Jepang, yaitu daya tahan suku cadangnya.

"Justru sparepart-nya, semisal diganti, lifetimenya malah lebih panjang ketimbang mobil Jepang. Cuma memang agak mahal dari segi harga," ungkapnya.

Dengan kata lain, meskipun harga suku cadang mobil Eropa lebih tinggi, pemilik mobil bisa mendapatkan nilai lebih dalam jangka panjang karena umur pakai yang lebih lama.

Jadi, merawat mobil Eropa mungkin sedikit lebih mahal, tetapi tidak berarti lebih sulit. Dengan perawatan rutin dan perhatian pada sistem pendinginan, mobil Eropa bisa bertahan lama dan tetap dalam kondisi prima.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Fakta atau Mitos Merawat Mobil Eropa Lebih Ribet dan Mahal?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/08/29/062200315/fakta-atau-mitos-merawat-mobil-eropa-lebih-ribet-dan-mahal-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm