Ilustrasi mengemudi.(kompas.com)
Ilustrasi mengemudi.(kompas.com) ( KOMPAS.COM)

Cara Untuk Mengurangi Rasa Lelah Saat Mengemudi Mobil Manual

31 Agustus 2024 20:50 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Mengemudi mobil manual sering kali dianggap lebih melelahkan dibandingkan dengan mobil bertransmisi otomatis, terutama dalam kondisi lalu lintas yang padat.

Rasa lelah ini biasanya muncul karena pengemudi harus sering menginjak dan melepaskan pedal kopling, yang dapat membuat kaki cepat pegal.

Tapi, dengan teknik yang tepat, mengemudi mobil manual sebenarnya bisa dilakukan dengan lebih nyaman dan efisien.

Menurut Sony Susmana, pendiri sekaligus pengajar senior di Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), langkah agar tidak cepat lelah saat mengemudi mobil manual adalah dengan mengatur perjalanan sesuai kemampuan tubuh dan kondisi lalu lintas.

"Mengemudi mobil manual sebenarnya tidak terlalu melelahkan jika tidak terjebak macet. Bahkan saat macet, tidak terlalu pegal asalkan tidak terlalu lama. Namun, banyak pengemudi merasa terbebani karena harus sering menekan dan melepaskan pedal kopling," kata Sony kepada Kompas.com, Jumat (30/8/2024).

Sony menyarankan agar pengemudi membatasi panjang dan durasi perjalanan, serta tidak ragu untuk berhenti jika merasa lelah.

"Batasi panjang dan durasi perjalanan sesuai kemampuan, dan jangan ragu untuk berhenti jika merasa lelah. Jangan berharap bisa istirahat sejenak di tengah kemacetan karena dapat menurunkan kewaspadaan," ujarnya.

Menurutnya, mengambil jeda saat perjalanan panjang sangat penting untuk menjaga konsentrasi dan mengurangi kelelahan.

Selain itu, Sony juga menyarankan untuk menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan agar gigi transmisi bisa dipertahankan selama mungkin, sehingga pengemudi tidak perlu terlalu sering injak kopling atau mengganti gigi.

"Jaga jarak dan hindari terlalu dekat dengan kendaraan di depan agar gigi transmisi bisa dipertahankan selama mungkin. Gunakan aplikasi untuk memilih waktu dan rute yang lebih lancar demi menghindari potensi macet," tambahnya.

Dengan tips ini, mengemudi mobil manual dapat menjadi lebih nyaman dan mengurangi rasa lelah, bahkan dalam kondisi lalu lintas yang padat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Mengurangi Rasa Lelah Saat Mengemudi Mobil Manual", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/08/31/092200315/cara-mengurangi-rasa-lelah-saat-mengemudi-mobil-manual.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm