halam, sup hangat khas India untuk yang sedang tidak enak badan.
halam, sup hangat khas India untuk yang sedang tidak enak badan. ( Dok. Ayushforlife)

Cara Membuat Khalam Sup Hangat Khas India untuk yang Sedang Sakit

1 September 2024 06:52 WIB

SonoraBangka.id - Badan yang tidak fit tentu akan berpengaruh ke produktivitas sehari-hari. Maka dari itu kamu perlu mengonsumsi obat supaya cepat sembuh. Obat tidak melulu tentang obat dari apotek, kamu juga bisa mengonsumsi obat alami. Salah satunya yaitu meneguk khalam, sup hangat khas India untuk yang sedang sakit.

Bahan yang dibutuhkan mudah ditemui, ada jahe, susu, dan bubuk kunyit. Kemudian, ada penambahan asafoetida, adas liar yang biasa ditambahkan sebagai penyedap di India. Cara membuat khalam selengkapnya bisa disimak dari buku "Tradisional Food Recipes from Ayush System of Medicine" dari Kementerian AYUSH India berikut.

Resep khalam

Bahan khalam:

3 cm jahe

473 ml susu sapi

1 sdt asafoetida

1 sdt bubuk kunyit

Garam secukupnya

Lada secukupnya

Cara membuat Khalam:

1. Rebus jahe dan susu di dalam panci hingga mendidih, kemudian tambahkan bubuk asafoetida, kunyit, sedikit garam dan lada.

2. Masak sembari diaduk sampai mendidih, kemudian sajikan selagi hangat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Khalam, Sup Hangat Khas India untuk yang Sedang Sakit", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2024/08/31/083000975/resep-khalam-sup-hangat-khas-india-untuk-yang-sedang-sakit.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm