Mengatur fitur Adaptive Cruise Control Honda Sensing(Azwar Ferdian/Kompas.com)
Mengatur fitur Adaptive Cruise Control Honda Sensing(Azwar Ferdian/Kompas.com) ( KOMPAS.COM)

Mobil Makin Canggih, Biasakan Untuk Baca Buku Manual Terlebih Dahulu

2 September 2024 21:53 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Perkembangan teknologi di mobil baru semakin canggih. Sudah bukan hal yang mewah lagi kalau mobil sudah dilengkapi Anti-lock Braking System, EBD, dan BA.

Bahkan beberapa mobil punya keunggulan dengan memberi fitur ADAS atau Advanced Driver Assistance System. Cuma apa yang kurang dilakukan orang Indonesia dengan perkembangan zaman itu adalah baca buku manual dari mobilnya.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia mengatakan, kendaraan sekarang rata-rata sudah punya fitur yang canggih. Masalahnya banyak pengemudi yang tidak paham itu.

"Beda fitur beda aplikasinya dan itu biasa hanya bisa dipahami kalau manual book-nya dibaca," kata Sony kepada Kompas.com, Senin (2/9/2024).

Selain itu, mobil yang makin canggih kadang bikin pengemudi terlalu mengandalkan fiturnya. Padahal, adanya fitur tersebut cuma membantu pengemudi, bukan jadi pengganti.

"Kecelakaan juga belum tentu aman kalau perilaku dan pemahaman pengemudi dalam membaca risiko bahaya masih rendah. Banyak yang tahu apa itu ABS, tapi enggak paham cara aplikasinya, itu contoh kecil," kata Sony.

Jadi kalau misal masih malas baca buku manual, lebih baik beli mobil yang fiturnya standar saja. Tidak ada gunanya kalau ada fitur namun pengemudinya belum bisa berkendara dengan aman dan defensif.

"Apapun kendaraannya, sebelum memiliki atau mengemudi, biasakan membaca manual book dulu supaya paham. Itu wajib di awal, enggak semua fitur di kendaraan penamaan dan aplikasinya sama," kata Sony.

Jangan sampai sudah beli mobil dengan fitur melimpah tapi tidak paham cara pengoperasiannya. Lebih mengerikan lagi kalau salah penggunaannya, malah jadi bahaya untuk diri sendiri dan orang lain.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mobil Makin Canggih, Biasakan Baca Buku Manual Terlebih Dahulu", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/09/02/173100715/mobil-makin-canggih-biasakan-baca-buku-manual-terlebih-dahulu.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm