Ilustrasi es kopi latte.
Ilustrasi es kopi latte. ( Shutterstock/Hyeong-Taek Lee)

Tak Kalah Enak, Berikut 6 Cara Membuat Latte Tanpa Mesin Espresso,

3 September 2024 06:06 WIB

SonoraBangka.id - Siapa yang tidak suka menikmati segelas latte hangat di pagi hari? Minuman kopi klasik ini sering kali identik dengan kedai kopi dan mesin espresso yang mahal. Namun, tahukah kamu kalau ada cara membuat latte yang nikmat di rumah tanpa mesin espresso. Dengan teknik sederhana dan peralatan yang ada di dapur, kamu bisa menciptakan latte yang tak kalah lezat dari kopi kafe favorit. Yuk, simak 6 cara mudah untuk membuat latte di rumah yang pasti akan memuaskan selera pecinta kopi, dilansir dari laman The Kitchn.  

1. Siapkan Espresso atau Kopi Seduh yang Kuat

Buat espresso menggunakan mesin espresso rumahan atau kapsul seperti Nespresso. Alternatif lain, kamu bisa menggunakan kopi yang diseduh dengan Aeropress tanpa tambahan air. Biasanya, gunakan sekitar 1/3 cangkir espresso, namun jumlah ini bisa disesuaikan dengan selera.

2. Kocok Susu hingga Berbusa

Tuangkan susu ke dalam toples, pastikan hanya diisi setengahnya. Tutup rapat toples dan kocok sekuat mungkin hingga susu berbusa dan volumenya hampir dua kali lipat, sekitar 30 hingga 60 detik. Pastikan susu menjadi berbusa untuk mendapatkan tekstur latte yang creamy. Jumlah Kelas Menengah Turun, Ketimpangan Kekayaan Makin Lebar? Artikel Kompas.id

3. Panaskan Susu dalam Microwave

Buka tutup toples dan masukkan ke dalam microwave tanpa penutup selama 30 detik. Panas dari microwave akan membantu menstabilkan busa yang terbentuk di atas susu, menjadikannya lebih tahan lama saat dicampur dengan kopi.

4. Campurkan Susu Hangat ke Dalam Espresso

Tuangkan espresso atau kopi ke dalam cangkir kopi yang lebar dan dangkal. Gunakan sendok besar untuk menahan busa susu, lalu tuangkan susu hangat sesuai seleramu ke dalam cangkir.

5. Tambahkan Busa Susu

Sendokkan busa susu sebanyak yang kamu suka di atas latte. Jika diinginkan, tambahkan taburan bubuk kakao atau pala di atas busa untuk hiasan. Nikmati segera untuk rasa yang paling segar!

6. Tambahkan Rasa pada Latte

Jika ingin latte yang manis atau beraroma, tambahkan sirup pilihanmu ke dalam susu hangat sebelum busa ditambahkan. Kamu bisa mencoba berbagai rasa seperti vanilla, almond, atau sirup karamel buatan sendiri. Sirup maple juga bisa menjadi pilihan yang lezat!

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Cara Membuat Latte Tanpa Mesin Espresso, Tak Kalah Enak", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2024/09/02/130300875/6-cara-membuat-latte-tanpa-mesin-espresso-tak-kalah-enak.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm