Ilustrasi daging ayam dengan kulitnya.
Ilustrasi daging ayam dengan kulitnya. ( shutterstock/Kseniya Bogdanova)

Bikin Bau Kulkas, Berikut 3 Kesalahan Menyimpan Daging Ayam

3 September 2024 07:43 WIB

SonoraBangka.id - Pernahkah Anda merasakan bau tengik di dalam kulkas, meskipun sudah membersihkannya secara rutin? Bau ini ternyata bisa menyebar ke seluruh makanan yang tersimpan di dalam kulkas, membuat pengalaman makan menjadi tidak menyenangkan. Salah satu penyebab utama bau tengik tersebut adalah cara menyimpan daging ayam yang tidak tepat.

1. Mencuci ayam sebelum menyimpan

Kebiasaan mencuci daging ayam setelah membelinya dari pasar mungkin sudah menjadi rutinitas sehari-hari. Mengapa Pembatasan Usia Pelamar Kerja Merupakan Bentuk Diskriminasi? Artikel Kompas.id Namun, tahukah Anda bahwa mencuci ayam sebelum menyimpannya di kulkas bisa menjadi kesalahan? Mencuci ayam, terutama jika tidak menggunakan air mengalir, dapat menyebabkan bakteri pada ayam menyebar ke permukaan benda-benda di sekitarnya. Bakteri ini dapat berkembang biak dan menyebabkan kontaminasi silang.  Oleh karena itu jika Anda tidak langsung memasak ayam setelah dibeli, sebaiknya bersihkan ayam dengan air mengalir dan lap dengan tisu makan sebelum menyimpannya.

2. Menyimpan dengan wadah yang salah

Apakah Anda sering menyimpan daging ayam dalam kantong plastik atau wadah terbuka di kulkas? Jika iya, ini adalah kesalahan besar. Plastik atau kantong keresek yang digunakan bisa membawa jutaan bakteri dari pasar atau supermarket. Menyimpan ayam dalam wadah yang tidak tertutup rapat juga berisiko menyebarkan bakteri ke seluruh isi kulkas. Cairan dari daging ayam yang merembes keluar dapat mengontaminasi makanan lain di sekitarnya.  Sebaiknya, setelah dibersihkan, simpan ayam dalam wadah tertutup rapat di kulkas dan letakkan di freezer untuk menghindari penyebaran bakteri.

3. Membiarkan daging ayam terlalu lama di udara terbuka

Kesalahan lain yang sering dilakukan adalah membiarkan daging ayam terlalu lama di udara terbuka setelah membelinya dari pasar. Hal ini bisa berpotensi menyebabkan bakteri dari udara menempel pada daging ayam. Begitu pula ketika Anda mengeluarkan ayam dari kulkas dan membiarkannya di atas meja terlalu lama.  Kondisi ini dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri yang berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu, selalu dahulukan penyimpanan daging ayam begitu sampai di rumah, dan gunakan metode defrosting yang cepat jika ayam terlalu beku.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Kesalahan Menyimpan Daging Ayam, Bikin Bau Kulkas", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2024/09/01/124939575/3-kesalahan-menyimpan-daging-ayam-bikin-bau-kulkas.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm