Ilustrasi bawang putih mentah, apa saja manfaat makan bawang putih mentah
Ilustrasi bawang putih mentah, apa saja manfaat makan bawang putih mentah ( SHUTTERSTOCK/NUNGNING20)

Pakai Bubuk Kopi, Berikut 5 Tips Menghilangkan Bau Bawang Putih dari Tangan

3 September 2024 07:58 WIB

SonoraBangka.id - Bau bawang putih yang menempel di tangan bisa sulit dihilangkan, terutama jika kamu sering memotongnya.  Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk menghilangkan bau bawang putih yang membandel di tangan. Simak beberapa di antaranya, dilansir dari Real Simple dan Martha Stewart, Jumat (30/8/2024), berikut ini. B

Kenapa bau bawang putih susah hilang di tangan? 

Chef-Instruktur Culinary Arts dari Institute of Culinary Education di New York, Amerika Serikat, Albert Nguyen menuturkan, ada alasan ilmiah mengapa bawang putih memiliki bau yang khas.  "Bau tajam dari bawang putih dihasilkan ketika dinding-dinding selnya pecah dan hancur, melepaskan enzim yang memecah dirinya sendiri sehingga menghasilkan senyawa sulfur - yang kita kenali sebagai bau khas dengan rasa pedas," jelas Nguyen.

Hal itu berarti, ketika memotong atau menghancurkan bawang putih, bahan makanan tersebut akan melepaskan senyawa sulfur berminyak dan berbau menyengat bernama alisin.  Senyawa yang tidak larut dalam air ini dapat terikat dengan protein dalam kulit, sekaligus dapat menembus lebih dalam ke dalam kulit. Akibatnya, bau bawang putih sangat sulit dihilangkan hanya dengan sabun dan air. Bau bawang putih bisa bertahan selama berjam-jam, atau bahkan berhari-hari, tergantung seberapa banyak paparan terhadap bawang putih dan seberapa sering kamu mencuci tangan. 

Cara menghilangkan bau bawang putih dari tangan

1. Manfaatkan bubuk kopi

Bubuk kopi bisa digunakan untuk menghilangkan bau bawang putih di tangan. Caranya, gosokkan sedikit bubuk kopi ke antara dua tangan guna menetralisasi baunya. 

2. Menggunakan obat kumur

Selain bubuk kopi, kamu juga bisa menggunakan obat kumur. Produk ini mengandung alkohol dan anti-mikroba lainnya yang membantu memecah senyawa sulfur, penyebab bau tidak sedap. Tuangkan sedikit obat kumur ke tangan, kemudian gosok-gosokkan sebelum dibilas. Namun, hati-hati jika kulitmu sensitif dengan kandungan alkohol.

3. Gunakan jus lemon dan sabun cuci piring

Jus lemon dan sabun cuci piring juga termasuk bahan-bahan untuk menghilangkan bau bawang putih dari tangan.  Peraslah sedikit jus lemon dan tuang sabun cuci piring ke tangan guna menetralisasi aroma bawang putih. 

4. Gosokkan tangan dengan stainless steel

Siapa sangka, stainless steel bisa membantu menghilangkan bau bawang putih. Hal ini karena terjadi reaksi kimia antara permukaan stainless steel yang teroksidasi dan alisin.  Kamu bisa menggunakan barang-barang stainless steel yang kamu punya, lalu gosok-gosokkan ke tangan untuk menghilangkan bau. 

5. Pakai soda kue dan air

Alternatif lainnya, kamu bisa menggunakan campuran soda kue dan air untuk menghilangkan bau bawang putih.  Caranya, campurkan soda kue dan air dengan perbandingan yang sama. Aduk sampai membentuk pasta, kemudian oleskan ke tangan dengan fokus ke area yang paling bau. Tunggullah beberapa menit sebelum dibilas menggunakan air sampai bersih.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Tips Menghilangkan Bau Bawang Putih dari Tangan, Pakai Bubuk Kopi", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2024/08/30/200539875/5-tips-menghilangkan-bau-bawang-putih-dari-tangan-pakai-bubuk-kopi?page=2.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm