Bawaslu Ngampus di Universitas Bangka Belitung, Selasa (3/9/2024)
Bawaslu Ngampus di Universitas Bangka Belitung, Selasa (3/9/2024) ( Sonorabangka.id/ Yudi)

Tingkatkan Peran Pengawasan Mahasiswa, Bawaslu Ngampus Hadir di UBB Jelang Pilkada 2024

3 September 2024 20:27 WIB

SONORABANGKA.ID - Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melaksanakan kegiatan “Bawaslu Ngampus” di Universitas Bangka Belitung (UBB), Selasa (3/9/2024).

Kegiatan yang dihadiri ratusan mahasiswa UBB ini bertujuan untuk mendekatkan diri dengan mahasiswa, sekaligus meningkatkan partisipasi pengawasan dari mahasiswa dalam Pilkada Serentak 2024.

Komisioner Bawaslu Babel, Sahirin dalam sambutannya mengatakan, Bawaslu Ngampus digelar sebentar di seluruh Indonesia dan untuk di Babel dilaksanakan di Universitas Bangka Belitung.

“Kami kemarin menyampaikan beberapa kampus harapan kita ada di Bangka dan juga Belitung akhirnya Bawaslu RI memutuskan satu provinsi, satu kampus. Jadi UBB lah dijatuhkan pilihan,” ungkap Sahirin.

Menurut Sahirin, sebelum melakukan pilihan Bawaslu RI terlebih dahulu melakukan survey, terkait kapasitas peserta yang kurang lebih 200 lebih orang.

“Jadi memang sebelum menentukan Bawaslu RI sudah melakukan Survey kampus dulu, untuk program Bawaslu Ngampus 2024 ini,” jelasnya.

Sahirin menerangkan, tujuan dari program Bawaslu Ngampus ini, salah satunya meningkatkan peran serta partisipasi masyarakat atau mahasiswa.

“Ini salah satu pencegahan kami ya Bawaslu lewat sosialisasi yang nama programnya Bawaslu Ngampus. Salah satu kami menyampaikan dengan menghadirkan para narasumber berharap nanti masyarakat juga berperan serta tidak hanya menjadi peserta,” terangnya.

Sahirin menambahkan, peran serta mahasiswa dalam rangka mengawal proses pilkada tahun 2024 ini sangat penting. Karena banyak isu-isu yang akan berpotensi merusak demokrasi.

“Misalnya isu Sara, Money politik, Netralitas ASN dan sebagainya. Jadi memang peran serta mahasiswa dalam rangka melakukan sosialisasi dan menyampaikan potensi pelanggaran di lingkungan nanti kepada Bawaslu,” tutur Sahirin.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm