Ilustrasi mobil bekas banjir.(Otospector)
Ilustrasi mobil bekas banjir.(Otospector) ( KOMPAS.COM)

Tentukan Untuk Batas Toleransi Kerusakan Saat Memilih Mobil Bekas

4 September 2024 17:59 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Membeli mobil bekas sering kali menjadi pilihan bagi banyak orang yang ingin memiliki kendaraan pribadi tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Namun, salah satu tantangan utama dalam membeli mobil bekas adalah memastikan bahwa kendaraan tersebut masih dalam kondisi baik dan tidak memerlukan biaya perbaikan yang besar di kemudian hari.

Jeffrey Andika, Co-Founder & CEO Otospector, memberikan panduan penting bagi calon pembeli mobil bekas terkait batas toleransi kerusakan yang perlu diperhatikan.

Ia menjelaskan ada empat poin krusial yang harus menjadi fokus utama ketika mengevaluasi kondisi mobil bekas.

"Pertama, pastikan mobil bebas dari tabrakan besar," ujar Jeffrey kepada Kompas.com, Selasa (3/9/2024).

Menurutnya, mobil yang pernah mengalami tabrakan besar berpotensi memiliki kerusakan struktural seperti sasis yang dapat mengurangi nilai serta keamanannya.

Kedua, Jeffrey menekankan pentingnya memastikan bahwa mobil tidak pernah terendam banjir.

"Mobil yang pernah terendam banjir sering kali menghadapi masalah pada sistem elektronik dan mesin, yang bisa memerlukan perbaikan mahal," jelasnya.

Selain itu, kondisi mesin dan transmisi juga menjadi faktor penting yang tidak boleh diabaikan.

"Pastikan kondisi mesin dan transmisi aman," tambah Jeffrey.

Mesin dan transmisi yang tidak terawat dengan baik dapat menyebabkan biaya perbaikan yang tinggi dan mempengaruhi kinerja mobil.

"Empat poin itu yang paling krusial," kata Jeffrey.

Dengan memeriksa empat aspek penting ini, membeli mobil bekas menjadi lebih aman dan terhindar dari potensi biaya besar yang mungkin timbul di kemudian hari dan pastinya mobil layak dan aman untuk digunakan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tentukan Batas Toleransi Kerusakan Saat Memilih Mobil Bekas", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/09/04/094200815/tentukan-batas-toleransi-kerusakan-saat-memilih-mobil-bekas.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm