Ilustrasi ban mobil bekas.(Ilham Karim/Kompas.com)
Ilustrasi ban mobil bekas.(Ilham Karim/Kompas.com) ( KOMPAS.COM)

Beda Ban Mobil Lama serta Ban Baru Cuma pada Garansi Pabrik

4 September 2024 19:50 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kode yang tertera pada dinding ban mobil hanya menyebutkan tahun produksi. Karena karet ban bukan makanan, pabrikan mengeklaim bahwa ban tak punya masa kedaluwarsa.

Bagus Raditya, Supervisor Trijaya Ban 83, di Otista, Jakarta Timur, mengatakan, selama ban baru belum pernah dipakai dan cara penyimpanannya tepat, tidak ada penurunan kualitas.

“Kalau penyimpanan yang sama itu baik, maka dalam lima tahun itu dia (ban) tidak ada perbedaan (penurunan kualitas) yang beda ialah garansi pabrik,” ujar Adit panggilannya di Jakarta kepada Kompas.com, yang ditemui belum lama ini.

“Sebab garansi pabrik itu, saya bicaranya Bridgestone ya, garansinya lima tahun setelah diproduksi. Nanti misalnya setelah lima tahun dan ban itu ada masalah, tidak bisa diklaim,” katanya.

Adit mengatakan, yang terpenting ialah penyimpanan ban dilakukan dengan standar yang baik.

“Selama penyimpanan baik tidak ada masalah,” ujarnya.

“Misalnya penyimpanan di gudang bengkel masing-masing. Pertama, jangan terkena panas dan terkena bahan kimia, misalkan oli dan lainnya, kemudian jangan ditumpuk, karena ada batasannya,” katanya.

Adit mengatakan, selama penyimpanannya baik, tidak ada perbedaan antara ban baru dengan yang lama.

“Hal itu juga sudah dibuktikan. Misalnya Bridgestone sendiri melakukan pengetesan dan ada surat resminya juga kalau ban yang sudah lewat tahun itu proses pemakaian tidak ada masalah, mulai dari pengereman di jalan basah dan kering dan hasilnya sama dengan ban baru,” katanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Beda Ban Mobil Lama dan Ban Baru Cuma pada Garansi Pabrik", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/09/04/100200415/beda-ban-mobil-lama-dan-ban-baru-cuma-pada-garansi-pabrik.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm