Kiwi, buah dengan daging berwarna hijau ini masuk dalam daftar buah tinggi oksalat yang perlu diwaspadai orang dengan batu ginjal.
Kiwi, buah dengan daging berwarna hijau ini masuk dalam daftar buah tinggi oksalat yang perlu diwaspadai orang dengan batu ginjal. ( SHUTTERSTOCK/Nataliya Arzamasova)

Perhatikan Bentuknya, Berikut ini 2 Cara Mengetahui Kiwi Matang

5 September 2024 06:42 WIB

SonoraBangka.id -  Kiwi biasanya memiliki kulit coklat berbulu, dengan daging berwarna hijau atau kuning yang berbiji kecil.  Berkat kulit kiwi yang coklat, cukup sulit untuk mengetahui apakah buah yang rasanya manis dan asam tersebut sudah matang atau belum.  Jika ingin membeli kiwi dan mengetahui tingkat kematangannya, simak sejumlah tipsnya berikut ini.

1. Perhatikan dan rasakan bentuknya 

Saat memilih kiwi, sebisa mungkin pegang buah tersebut. Dikutip dari Real Simple, Kamis (29/8/2024), perhatikan apakah kiwi terasa keras atau lembek.  Mengapa Industri Manufaktur Terpuruk dan Apa Dampaknya bagi Perekonomian Indonesia? Artikel Kompas.id Jika terasa keras, artinya kiwi belum matang. Jika terasa lembek ketika ditekan secara perlahan menggunakan ibu jari, artinya kiwi terlalu matang. Menyimpan kiwi matang dengan baik membantu daya tahan buah tersebut. Kamu bisa meletakkan kiwi di meja dapur sampai buah tersebut siap dimakan, kemudian pindahkan ke crisper drawer (laci di bagian bawah kulkas) agar tahan antara lima sampai 10 hari. 

2. Gunakan indra penciuman

Dikutip dari All Recipes, indra penciuman bisa digunakan untuk mengetahui apakah kiwi sudah matang atau belum. Kiwi yang sudah matang biasanya berbau manis layaknya buah. Jika kiwi terlalu matang atau hampir busuk, baunya sedikit asam di sela-sela bau manis buah. Adapun kiwi yang belum matang umumnya tidak berbau. Sebab, buah tersebut belum mememiliki waktu untuk mengembangkan bau manis buah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "2 Cara Mengetahui Kiwi Matang, Perhatikan Bentuknya", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2024/08/30/083600075/2-cara-mengetahui-kiwi-matang-perhatikan-bentuknya.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm