Ilustrasi alpukat., buah yang kadar gulanya rendah termasuk alpukat
Ilustrasi alpukat., buah yang kadar gulanya rendah termasuk alpukat ( Shutterstock/barmalini)

Manfaatkan Pisang, Berikut ini 2 Cara agar Alpukat Cepat Matang

5 September 2024 06:45 WIB

SonoraBangka.id - Pernah mau makan alpukat, tapi ternyata belum matang dan masih keras? Sebaiknya alpukat yang keras tidak bisa langsung dimakan dan butuh waktu sekitar satu minggu supaya matang. Namun, jika kamu punya waktu terbatas, ada beberapa cara agar alpukat matang lebih cepat. Simak selengkapnya, dikutip dari The Spruce Eats, Kamis (29/8/2024). 

1. Manfaatkan pisang 

Pisang bisa dimanfaatkan untuk mematangkan alpukat lebih cepat. "Pisang mengeluarkan gas etilen yaitu gas hormon tanaman dalam buah yang mempercepat pematangan," kata Direktur Pertanian dan Operasi di Kimball Avocados, Rachael Laenen.  Kamu bisa meletakkan alpukat dekat dengan pisang agar proses pematangan berlangsung lebih cepat.  Namun, jangan berharap alpukat bisa matang pada hari yang sama saat kamu meletakkannya dekat pisang.  Hal ini karena cara tersebut hanya memperpendek proses pemasakan selama beberapa hari, bukannya mematangkan alpukat hanya dalam beberapa jam.

2. Gunakan kantong kertas

Alternatif lainnya, cobalah memasukkan alpukat dan pisang ke dalam kantong kertas secara bersamaan. "Memasukkan alpukat ke dalam kantong kertas akan menjaga gas etilen tetap terkonsentrasi di sekitar alpukat," tutur Laenen. Metode ini, lanjut dia, bisa mempersingkat proses pematangan sekitar 36 jam.  Harap diketahui bahwa meletakkan alpukat dekat pisang tidak akan mengubah rasa alpukat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "2 Cara agar Alpukat Cepat Matang, Manfaatkan Pisang", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2024/08/30/073200075/2-cara-agar-alpukat-cepat-matang-manfaatkan-pisang.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm