Ilustrasi kremesan.
Ilustrasi kremesan. ( Dok. Shutterstock/Novi Purwono)

Perhatikan Minyak, Berikut 5 Cara Membuat Kremesan Ayam yang Renyah dan Gurih

5 September 2024 06:51 WIB

SonoraBangka.id - Kremesan ayam adalah pelengkap yang membuat hidangan ayam goreng semakin nikmat dan menggugah selera. Teksturnya yang renyah dan rasanya yang gurih menjadikan kremesan sebagai favorit banyak orang. Membuat kremesan sendiri di rumah ternyata tidak terlalu sulit, asal kamu tahu triknya. Berikut adalah 5 cara membuat kremesan ayam yang renyah dan lezat, dilansir dari buku "Home Cooking" 50 resep masakan rumahan enak, sehat, gampang dibuat" (2014) oleh Endang Indriani terbitan Kawan Pustaka. 

1. Gunakan Air Sisa Rebusan Ayam untuk Bumbu yang Lebih Kuat

Setelah merebus ayam, jangan buang air rebusannya. Gunakan 400 ml air sisa rebusan tersebut, karena mengandung bumbu dan rempah yang kaya rasa. Aduk air ini di dalam panci hingga sisa bumbu dan santan yang menempel larut. Kemudian, saring air tersebut ke dalam mangkuk untuk mendapatkan kaldu yang bersih.

2. Campurkan Bahan Kremesan Hingga Halus

Masukkan bahan-bahan kremesan ke dalam kaldu ayam yang sudah disaring. Aduk rata hingga adonan menjadi halus dan tidak ada gumpalan. Pastikan adonan memiliki konsistensi yang encer dan cair, karena ini kunci untuk mendapatkan kremesan yang tipis dan renyah.

3. Panaskan Minyak dengan Suhu yang Tepat

Gunakan minyak bekas menggoreng ayam, namun saring terlebih dahulu untuk memastikan minyak bersih dari sisa-sisa gorengan. Panaskan minyak hingga benar-benar panas. Suhu minyak sangat penting untuk memastikan kremesan mengembang dan matang sempurna. Baca juga: Resep Butter Cookies, Camilan Manis nan Renyah untuk Tamu

4. Tuangkan Adonan dengan Teknik yang Benar

Ambil satu sendok makan adonan kremesan, dan tuangkan ke dalam minyak panas dengan jarak sekitar 40 cm dari permukaan minyak. Teknik ini membantu adonan menyebar dengan merata dan tidak menggumpal. Ulangi proses ini hingga terbentuk banyak kremesan di permukaan minyak.

5. Goreng Hingga Kremesan Berwarna Kecokelatan

Biarkan adonan mengeras dan siram-siram dengan minyak panas agar matang merata. Perhatikan warna kremesan; segera angkat ketika mulai kecokelatan karena kremesan mudah sekali gosong. Gunakan saringan untuk meniriskan minyak berlebih.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Cara Membuat Kremesan Ayam yang Renyah dan Gurih, Perhatikan Minyak", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2024/08/29/120300975/5-cara-membuat-kremesan-ayam-yang-renyah-dan-gurih-perhatikan-minyak.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm